Ibadah Trima Komuni Suci Warga Flores Ricuh

VIVAnews - Perayaan ibadah Trima Komuni Suci yang digelar oleh warga Flores di Makassar berakhir dengan keributan antar sesama peserta ibadah, Minggu dini hari, 19 April 2009. Perayaan yang biasa dilakukan pemeluk Katholik itu diikuti sekitar 200 warga Flores.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen Polisi Mathius Salempang, pada minggu sore mendatangi langsung Tempat Kejadian Perkara (TKP) di di Asrama Mahasiswa Papua, Jl Lanto Daeng Pasewang, Makassar. Ia memeriksa sejumlah bagian asrama tersebut dan berbincang-bincang dengan puluhan penghuni asrama Papua.

"Semoga kami semua bisa terlibat menjaga keamanan dan ketertiban Kota Makassar. Dan selalu berkordinasi dengan kepolisian setiap mau melakukan kegiatan," kata Irjenpol Mathius kepada mahasiswa Papua.

Ia menambahkan, kasus tersebut telah ditangani oleh Polsek Mamajang. Dari laporan sementara, lanjut Mathius, polisi telah memeriksa 4 saksi. Masing-masing Maximus Marino, roy Marten Leha, keduanya adalah warga Flores.

Sementara dua lainnya berasal dari Papua, yakni Kasimirus, Ketua Asrama Mahasiswa Papua dan Yahya Wally, penasehat kerukunan masyarakat Papua, Makassar.

Informasi yang dihimpun VIVAnews, sekitar 200 warga Flores tengah menggelar kegiatan ibadah, hingga minggu dini hari. Mereka meminjam aula Asrama Mahasiswa Papua sebagai tempat kegiatan tersebut.

Menjelang tengah malam, saat acara inti selesai, warga Flores bersama penghuni asrama Papua melanjutkan kegiatan dengan minum minuman keras. Pesta tersebut dilakukan sambil joget dan diiringi musik.

Saat pesta joget itulah, terjadi saling bersenggolan dan menimbulkan ketersinggungan diantara mereka. Hal itu diperparah, karena hampir semua peserta sedang mabuk berat, sehingga tindakan mereka tidak terkontrol. Akibatnya, terjadi keributan dan saling pukul diantara mereka. Berdasar laporan kepolisian, kegiatan ibadah tersebut tidak memiliki izin.

Laporan: Rahmat Zeena | Makassar

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo
RUPST Toba Energi Utama.

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Laba Bersih TBS Energi Utama 2023 Naik 77,8 Persen

Emiten energi PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengumumkan, laba bersih perseroan tercatat sebesar US$20,8 juta pada 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024