Koalisi Partai Politik

Peluang Cawapres Yudhoyono dari PAN Kecil

VIVAnews - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Maswadi Rauf menilai peluang calon wakil presiden dari Partai Amanat Nasional dalam koalisi dengan Partai Demokrat sangat kecil. Apalagi jika Partai Golkar dan Demokrat memutuskan untuk berkoalisi.

"Politik itu kan intinya kekuatan. Dibandingkan Golkar, suara PAN itu sangat kecil," kata Maswadi dalam perbincangan dengan VIVAnews, Senin 20 April 2009. Sebelumnya, PAN menawarkan sejumlah nama untuk maju pada Pemilihan Presiden 2009, diantaranya Hatta Radjasa, Soetrisno Bachir, dan Dradjad Wibowo.

Partai Demokrat, menurut Maswadi, akan bersikap realistis dengan menerima Partai Golkar dalam koalisinya. Sedangkan, partai-partai menengah akan jadi pendukung di kabinet.

Sementara itu, saat ditanya isu perpecahan dalam tubuha PAN, Maswadi menilai isu tersebut terlalu dini. Pasalnya, kata dia, semua tokoh-tokoh politik bebas melakukan lobi-lobi. "Termasuk pertemuan Amien Rais dengan 30 DPW (Dewan Pimpian Wilayah) itu. Saya kira itu masih dalam tahapan wajar," kata dia.

Soal perbedaan pendapat antar pimpinan partai pun Maswadi nilai sebagai hal yang normal apalagi menjelang Pilpres 2009. "Sampai nanti ada rapat partai yang memutuskan satu suara. Itu namanya demokrasi," kata dia.

Kemarin, Amien Rais mengundang 30 DPW PAN di kediamannya untuk mengevaluasi pelaksanaan Pemilu Legislatif 2009. Namun, dalam pertemuan itu, Ketua Umum PAN, Soetrisno Bachir tak tampak. Isu perpecahan di tubuh PAN pun merebak.

Dharma Polimetal Tebar Dividen 2023 Rp 171,29 Miliar, 28 Persen dari Laba Bersih
Brandon Salim

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih

Kabar bahagia datang dari aktor muda sekaligus putra dari Ferry Salim, Brandon Salim. Pada 23 April 2024, Brandon telah resmi melamar sang kekasih, Dhika Himawan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024