Kasus Pelecehan Seksual UI

Masih Dosen UI, Walau Kini Tidak Mengajar

VIVAnews - Skandal seks melanda Kampus Kuning. Salah satu dosen senior Fakultas Hukum Universitas Indonesia kembali dilaporkan ke polisi atas dugaan melakukan pelecehan seksual.

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Menurut Manajer Umum Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Heri Candra Sari, pihak kampus belum mengetahui laporan terbaru yang dialamatkan ke dosen tersebut.

"Terus terang saya sebagai pribadi dan kelembagaan belum tahu. Saya akan cari tahu," kata Heri Candra kepada VIVAnews, Selasa 21 April 2009.

Dia lantas bertanya pada, apakah orang yang dilaporkan sama dengan laporan sebelumnya. "Dia itu dalam masa skors, dia tidak ada, sudah tidak mengajar lagi," lanjut Heri Chandra.

Menurut dia, meski tak mengajar, status dosen terlapor itu masih dosen Universitas Indonesia. "Kami tidak bisa memecat dia sebelum ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena dia pegawai negeri," tambah Heri Chandra.

Pada November 2008, seorang alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia melapor ke polisi atas dugaan pelecehan seksual yang dilakukan mantan dosen pembimbing skripsinya.

Kasus itu menjadi heboh ketika sejumlah saksi juga mengatakan pernah dilecehkan sang dosen. Namun kelanjutan kasus itu masih menggantung.

Terakhir, Jumat pekan lalu, seorang mahasiswi juga mengadukan kasus pelecehan seksual oleh dosen yang sama. Mahasiswa berinisial NI itu adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang tinggal menunggu wisuda.

Kuasa hukum NI, Shanti Dewi, mengatakan, pelecehan terhadap kliennya terjadi beberapa kali.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

Pertama di kantor sang dosen di Jalan Sudirman, Kav 2 Lt 15, Jakarta Pusat pada Desember tahun 2000 sekitar pukul 16.30 WIB.

Kedua, pelecehan terjadi di kampusnya pada akhir tahun 2001 sekitar pukul 13.00 WIB. Shanti Dewi juga pengacara dari korban yang melapor akhir tahun lalu.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas
Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Selain Perpanjangan Kontrak, Erick Thohir Ungkap Perbincangan dengan Shin Tae-yong di Qatar

Ketua umum PSSI, Erick Thohir memenuhi komitmennya dengan memperpanjang kontrak pelatih timnas, Shin Tae -Yong.  

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024