Emansipasi ala Rieka Roeslan

VIVAnews - Berbagai pemahaman emansipasi perempuan berkembang. Bagi Rieka Roeslan, emansipasi tak perlu dimaknai sebagai persamaan derajat laki-laki dan perempuan.

"Emansipasi yang harus diteruskan itu perempuan harus menyayangi diri sendiri," katanya saat ditemui di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat, Selasa 21 April 2009.

Bukan hanya dengan merawat diri, dan menjaga kesehatan, tapi juga lebih menyentuh sisi emosional.

Penyanyi bergaya etnik itu bilang, masih banyak PR yang harus dikerjakan kaum Hawa. Semua bidang masih butuh peranan perempuan di dalamnya. "Saran saya, perempuan bisa lebih aktif di bidang pendidikan," tutur Rieka.

Sebagai musisi, perempuan 39 tahun itu juga berkiprah lewat kelompok '5 Wanita'. Bersama Andien, Nina Tamam, Iga Mawarni, dan Yuni Shara, mereka punya lagu yang bercerita tentang perempuan.

Tidak melulu memuji-muji perempuan, eks personel 'The Groove' itu juga angkat bicara soal pelecehan terhadap perempuan. Menurut Rieka, tak selamanya kesalahan ada di pihak yang melakukan pelecehan.

"Bisa saja perempuan itu sendiri yang mengenakan pakaian yang membuat dia dilecehkan," Rieka berujar.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan
Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Al Habsy saat memberikan keterangan kepada wartawan di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin, 8 Mei 2023.

PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut

PKS berkomitmen membangun Indonesia bersama Partai NasDem dan PKB sampai sakaratul maut; tak ada kamus perpisahan untuk kepentingan bangsa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024