Ditemukan, Dua Planet Mirip Bumi

VIVAnews - Para peneliti Eropa mengklaim telah menemukan dua planet yang mirip dengan bumi. Planet Gliese 581e memiliki ukuran mirip bumi, sementara planet lainnya, Gliese 581d memiliki kemiripan karakter dengan bumi sehingga kemungkinan besar dapat ditempati mahluk hidup. Kedua planet ini terletak di konstelasi Libra.

"Penemuan planet berbatu mirip bumi di lokasi yang memungkinkan makhluk hidup berkembang ini merupakan tonggak penelitian eksoplanet," kata Michel Mayor, peneliti astrofisika asal Universitas Jenewa, Swiss, saat melakukan presentasi di Universitas Hertfosrdhire, Inggris, Selasa 21 April 2009.

Planet Gliese 581e berukuran 1,9 kali besar bumi. Selama ini, planet yang ditemukan di luar tata surya matahari rata-rata berukuran sebesar planet Yupiter. Gliese 581e terletak di dekat bintang Gliese sehingga terlalu panas untuk ditinggali.

"Tapi penemuan planet yang terletak 20,5 tahun cahaya dari tata surya ini tetap sebuah langkah maju untuk menemukan planet mirip bumi," ujar Mayor.

Sementara planet Gliese 581d yang ditemukan pada 2007 terletak di posisi yang memungkinkan air untuk mencair di permukaan planet. Rekan Mayor, Stephane Udry mengatakan Gliese 581d kemungkinan besar tidak terbentuk dari bebatuan saja.

"Planet itu bisa saja memiliki lautan luas dan dalam, planet ini merupakan kandidat planet yang memiliki cadangan air pertama" kata Udry.

Pesaing tim Mayor, Geoff Marcy dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat memuji penemuan Gliese 581e. "Penemuan ini sangat luar biasa artinya bagi riset planet mirip bumi, pasti masih ada miliaran planet mirip bumi lainnya di galaksi," kata Marcy melalui surat elektronik kepada Associated Press. (AP)

Jaga Toko Kue Sendirian, Pegawai Wanita Ini Jadi Korban Tindakan Asusila
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Mantan PM Inggris Tony Blair

Bertemu Tony Blair, Menko Airlangga Bahas Inklusivitas Keuangan Hingga Stabilitas Geopolitik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan mantan Perdana Menterin (PM) Inggris Tony Blair melakukan pertemuan di Kantor Kemenko Perekonomian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024