PKS: Cerai Golkar-Demokrat Sehatkan Politik

VIVAnews - Partai Keadilan Sejahtera menyatakan perceraian Partai Golkar dan Demokrat akan menyehatkan iklim politik. Akan muncul tiga poros politik sehingga suasana akan lebih dinamis.
 
"Jika Demokrat-Golkar berpisah dan Golkar membangun poros baru, sementara PDIP memang sudah memiliki poros sendiri, maka artinya akan ada 3 kontestan dalam Pemilihan Presiden 2009," kata Ketua Fraksi PKS, Mahfudz Siddiq, di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 22 April 2009. "Hal ini akan semankin menyehatkan iklim politik kita."

Wakil Sekretaris Jenderal PKS itu menjelaskan, sebelumnya kekuatan oposisi hanya dipegang satu partai, yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, sehingga peran oposisi tersebut menjadi tidak signifikan. PDIP tidak mendapatkan banyak keuntungan dengan posisinya sebagai partai oposisi, sehingga suara PDIP di Pemilu pun kemarin mengalami penurunan.
 
"Dengan demikian, bila nantinya ada 3 kekuatan politik besar, maka checks and balances atau perimbangan di parlemen akan semakin kuat, sehingga pemerintah pun akan semakin terpacu untuk mengeluarkan ide-ide brilian dalam pembentukan kebijakannya," kata PKS.

PKS sendiri sudah semakin final berkoalisi dengan Demokrat. PKS mengharapkan sebelum 25 April di mana digelar Musyawarah Majelis Syura PKS, kesepakatan agenda koalisi sudah terjalin.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional
Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan, AKBP Bintoro di TKP Polisi Bunuh Diri

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Bintoro, mengaku saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan 13 orang atas tewasnya anggota Satlantas Polresta Manado.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024