Sri Mulyani Indrawati:

Jepang Tak Mau RI Kena Dampak Buruk Krisis

VIVAnews - Pemerintah Jepang memberikan dukungan penuh bagi Indonesia untuk menghadapi krisis ekonomi global.

Dukungan Jepang disampaikan dalam pertemuan antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan Menteri Keuangan Jepang Kaoru Yosano di kamar 3301 The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada Minggu, 3 Mei 2009.

"Jepang ingin agar ekonomi Indonesia tidak mengalami dampak buruk akibat krisis karena bisa sentimen negatif pada kawasan," ujar Menteri Keuangan di Bali, Senin, 4 Mei 2009.

Dukungan pemerintah Jepang diberikan dalam bentuk bantuan pinjaman dan kerja sama bilateral swap arrangement. Untuk bilateral swap, menurut Sri Mulyani, sudah diteken saat pertemuan Chiang Mai Inisiative di Pattaya, Thailand.

"Ini diberikan untuk semua negara Asia, tetapi RI yang mendapatkan pertama kali," kata Menkeu. Tujuan fasilitas bilateral swap dalam denominasi Yen adalah agar tidak mengganggu neraca pembayaran.

Selain fasilitas bilateral, Jepang juga memberikan dukungan bagi APBN 2009. Dukungan itu diberikan dalam bentuk pinjaman program, seperti pinjaman untuk infrastruktur yang telah dan akan terus dilakukan.

Yang tak kalah penting adalah dukungan Jepang sebagai negara pertama yang mendukung Indonesia menghadapi pasar obligasi internasional, serta memberikan bantuan fasiliutas trade financing sebesar US$ 500 juta. "Ini juga diberikan untuk seluruh negara Asia, tetapi Indonesia yang pertama memperoleh."

Megawati Bersedia Bertemu Prabowo tapi Ada Syarat-syaratnya, Kata Elite PDIP
Ilustrasi kucing

Feline Lower Urinary Tract Disease: All Cat Lovers Need to Know

Feline lower urinary tract disease (FLUTD) is a term that refers to several conditions affecting your cat’s lower urinary tract, including the urethra (a thin tube that c

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024