Buah Segar Antidehidrasi

VIVAnews – Air begitu penting bagi kelangsungan hidup kita. Manusia bisa tahan berminggu-minggu tanpa makanan. Tapi tanpa air, kita hanya bisa bertahan satu hari saja.

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Setiap hari, kita dianjurkan meminum air minimal delapan gelas sehari. Kekurangan cairan tubuh bisa membuat kita kehilangan konsentrasi saat kerja dan sistem organ tubuh tidak bekerja dengan baik. Bila sudah menjadi kebiasaan minum sedikit air, lama-kelamaan, ginjal yang berfungsi menyaring racun bisa rusak.

Oleh karena itu kita harus selalu memenuhi kebutuhan tubuh atas air. Selain meminum air secara langsung, kita juga bisa mendapat asupan air dari buah-buahan. Beberapa buah mengandung banyak air, tapi sedikit kalori. Sehingga aman untuk Anda yang berdiet.
Buah atau sayur apa saya yang mengandung banyak air?

Ternyata SYL Pakai Uang Peras Pejabat Kementan untuk Renovasi Rumah dan Perawatan Keluarga

Stroberi
Si merah yang asam rasanya ini ternyata juga sumber air yang baik untuk tubuh. Satu buah stroberi mengandung 91% air. Segenggam stroberi segar cukup untuk mengatasi rasa haus saat tak ada air. Lebih-lebih jika dibikin jus yang menyegarkan.

Selain kandungan airnya, stroberi juga dikenal sebagai salah satu buah ‘super’ yang kaya nutrisi. Misalnya vitamin C sebagai antioksidan serta vitamin B yang baik untuk kesehatan jantung dan pertumbuhan sel-sel baru.

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Semangka
Saat udara panas, makan buah semangka yang banyak air akan terasa menyejukkan tenggorokan. Satu buah semangka mengandung 92% air.

Selain itu, semangka juga mengadung vitamin C. Warna merah atau kuning dalam daging buahnya dihasilkan oleh zat pewarna alami likopen, antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Jeruk
Buah berwarna oranye segar ini juga banyak mengandung air. Dalam sebuah jeruk, terkandung 85-90% air. Soal kandungan vitamin C, tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Buah ini memang sangat populer sebagai penghasil vitamin C alami. Kandungan nutrisi lainnya dalam jeruk adalah betakaroten yang membentuk vitamin A.

Nanas
Suka makan rujak buah? Jangan lewatkan buah tropis yang satu ini. Nanas dengan daging buah berwarna kuning cerah ini memiliki kandungan air 90%. Selain itu, nanas juga kaya kandungan mineral seperti kalium, kalsium, iodium, sulfur, dan khlor. Buah ini juga mengandung vitamin B12, vitamin E dan enzim bromelin.

Mentimun

Buah yang tergolong sayuran ini 95% bagiannya mengandung air. Semangkuk irisan mentimun sama dengan segelas air. Tapi makan mentimun ada kelebihannya. Mentimun juga mengandung vitamin C dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Jadi, jangan lewatkan mentimun dalam menu sehari-hari Anda. Misalnya dalam salad kesukaan Anda, atau salad ala Indonesia seperti gado-gado. Bisa juga untuk lalapan saat makan pecel ayam atau acar nasi goreng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya