Perdagangan Saham di Wall Street

Pasar Perumahan Bergairah, Indeks pun Naik

VIVAnews - Para investor dan pialang di bursa saham Wall Street, New York, menyambut perdagangan di awal bulan ini dengan senyum. Pasalnya, mereka mereka bergembira dengan kabar mulai pulihnya pasar jual-beli rumah. Semua indeks pun melambung. Bahkan indeks harga saham Standard & Poor's 500 mampu melewati level 900 poin.

Di akhir perdagangan Senin sore waktu setempat (Selasa pagi WIB), indeks S&P 500 itu naik 29,72 poin (3,4 persen) ke level 907,24. Itu merupakan level tertinggi sejak 8 Januari lalu.

Sentimen positif juga ditunjukkan oleh indeks saham industri Dow Jones, yang naik 214,33 poin (2,6 persen) ke level 8.426,74. Begitu pula indeks saham teknologi Nasdaq, naik 44,36 poin (2,6 persen) ke posisi 1.753,56. Dibandingkan dua indikator lain, Nasdaq memasuki triwulan kedua tahun ini mencetak kenaikan tertinggi, yaitu 11,8 persen.  

Kenaikan indeks awal pekan ini dipelopori oleh bangkitnya harga-harga saham perusahaan keuangan dan perumahan - yang dikenal sebagai pemicu krisis ekonomi di Amerika Serikat saat nilainya anjlok tahun lalu. Namun sejak 10 Maret lalu, harga-harga saham itu mulai naik.
  
Kenaikan awal pekan ini berkat kabar baik dari pasar perumahan. Tingkat penjualan rumah ternyata melesat dari yang diperkirakan dan sudah dua bulan terakhir mengalami peningkatan. Di saat yang sama, tingkat pembelanjaan konstruksi Maret lalu pun meningkat setelah lima bulan berturut-turut anjlok.
 
Namun, kalangan pengamat menilai bahwa kenaikan di hari Senin kemarin masih tergolong biasa karena tidak ada peningkatan drastis dari volumen perdagangan saham. Itu pertanda para investor masih waspada.

"Ini diibaratkan, kita baru membuat setengah dari grafik berbentuk 'W' atau sama dengan 'V.' Kecenderungan pasar terlihat sama. Hanya waktu yang akan membuktikan," kata David Kotok, pialang dari Cumberland Advisors. Dia menilai bahwa secara keseluruhan pasar real estat masih lemah dan banyak bank masih harus menanggung kerugian dari kredit macet. (AP) 


Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024