5 Mei 1980

Pasukan Khusus Inggris Selamatkan Sandera

VIVAnews - Pasukan khusus Inggris, Special Air Service (SAS), berhasil melakukan operasi penyelamatan sandera di gedung Kedutaan Besar Iran di London, 5 Mei 1980. Stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa lima penyandera bersenjata asal Iran tewas ditembak dan seorang lagi berhasil ditangkap.

Dalam operasi itu, pasukan SAS membebaskan 19 sandera, namun seorang lagi tewas dan dua lainnya cedera selama baku tembak berlangsung. Menariknya, baru kali itulah operasi penyelamatan sandera disiarkan secara langsung oleh jaringan televisi. Apalagi saat itu rakyat Inggris sedangkan menikmati hari libur sehingga jutaan orang menyaksikan secara langsung operasi militer prestisius itu.

Lebih dari 30 tentara berpakaian serba hitam dan bermasker serentak menyerbu masuk gedung sambil melemparkan granat ke jendela. Setelah itu terdengar sejumlah jeritan dan 15 menit kemudian para sandera sudah terlihat dikawal keluar gedung oleh petugas dari Kepolisian Scotland Yard.
 
Penyanderaan itu berlangsung selama enam hari oleh kawanan yang mengaku bagian dari kelompok separatis di Iran. Mereka menuntut pembebasan 91 tahanan politik di Iran serta sebuah pesawat untuk membawa mereka dan para sandera keluar dari Inggris.

Namun, permintaan mereka tidak dipenuhi. Pihak keamanan justru memberi mereka terjangan timah panas.

Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
Zeekr 009 Grand

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Mobil MPV ini bukan sembarang minivan, melainkan sebuah istana mini yang memadukan kemewahan, performa, dan teknologi canggih. Bagian belakang kabin dipisahkan dari depan

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024