Bursa Calon Pendamping Yudhoyono

20 Tokoh Masuk Daftar Cawapres Demokrat

VIVAnews – Tokoh nasional yang diusulkan menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi calon presiden incumbent Susilo Bambang Yudhoyono jumlahnya mencapai 20 orang.

Hal itu dikemukakan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Achmad Mubarok. Din Syamsuddin, Ketua Umum PP Muhammadiyah, merupakan nama terakhir yang masuk daftar inventarisir Partai Demokrat.

Dikatakan, tidak semua tokoh yang masuk itu berasal dari partai politik. Ada juga yang berasal dari non partai. Tidak pula semuanya laki-laki, ada pula yang tokoh perempuan di daftar itu.

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Hanya saja Mubarok tidak ingat komposisinya. Dia juga keberatan menyebutkan nama-nama yang masuk itu.

Mubarok sendiri adalah salah satu nama yang dimasuk daftar itu. Namun dia mengaku tidak terlalu yakin akan dipilih Yudhoyono.

Hasil rapat pimpinan nasional Partai Demokrat beberapa waktu lalu memberi kewenangan sepenuhnya kepada Yudhoyono untuk menentukan calon wakil presidennya.

Ada lima kriteria yang harus dipenuhi calon itu, seperti memiliki integritas, kepribadian, karakter moral, termasuk moral politik yang baik; memiliki kapasitas dan kapabilitas sebagai pembantu presiden sesuai dengan UUD 1945; memiliki loyalitas yang penuh kepada pemerintah dan bebas dari konflik kepentingan; memiliki akseptabilitas dalam arti diterima dan lekat di hati rakyat; serta dapat meningkatkan kekokohan dan efektivitas koalisi yang dibangun.

Kemarin, Yudhoyono mengaku telah menemukan calon pendampingnya, namun namanya masih dirahasiakan. Mubarok mengatakan nama itu akan diumumkan antara 9-10 Mei ini.

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Wakil Ketua Umum Golkar mengatakan bahwa tak boleh ada pembatasan dalam membentuk kabinet, karena merupakan hak prerogatif presiden.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024