Harga Premium dan Solar Dilepas ke Pasar

VIVAnews - Pemerintah sedang merumuskan penetapan harga premium dan solar sesuai harga internasional. Saat ini baru Pertamax yang mengikuti standar harga minyak dunia.

"Ke depan, harapan kita yang diumumkan Menkeu itu bisa mengikuti, otomatis sampai dengan ceilling  (batas) tertentu, kalau dia naik terus mempengaruhi ceilling, berapa kita tetapkan, arahnya akan ke sana. Supaya ke depan masalah subsidi lagi nggak ada masalah. Kalau kita bisa mengikuti ini seperti Pertamax. Naik turun ada ceillingnya," beber Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan Anggito Abimanyu.

Namun pemerintah belum menentukan harganya berapa. "Tapi akan ikuti harga. Ini kesempatan baik, jadi kita tahun depan itu membahas satu saja subsidi minyak tanah, harapan kita seperti itu," katanya.

Mengenai tuntutan agar harga solar diturunkan masih sulit dipenuhi pemerintah. Saat ini harga solar masih jauh dari harga keekonomian, sehingga belum bisa diturunkan.

"Kalau solar sudah mencapai Rp 5.700-5.800, itu baru mencapai harga keekonomian, itu bisa kita turunkan," kata  Anggito Abimanyu di Jakarta, baru-baru ini. Saat ini harga solar Rp 5.500 per liter.

Anggito menjelaskan, struktur biaya dalam penetapan premium dan solar berbeda, demikian juga dengan MOPS-nya. Untuk penetapan harga premium rumus yang dipakai adalah MOPS plus alfa yang ditetapkan 9 persen tahun ini dan 8 persen tahun depan. Namun meski harga MOPS turun, kurs mengalami kenaikan sehingga untuk premium harga keenonomian yang dicapai Rp 6.000.

"Kita menyamakan harga keekonomian, harga domestik itu sudah di bawah, harga keekonomian sudah berada di bawah harga berlaku, sehingga mengikuti yang terjadi (turun)," kata Anggito.

Sedangkan untuk solar MOPS-nya masih berada di atas harga yang berlaku. Jika harga masih sama, mungkin bisa diturunkan, tapi jika tidak pemerintah akan rugi.

UEA dan Indonesia Kolaborasi Kembangkan Pencak Silat dan Bulutangkis
Cawapres sekaligus Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Cak Imin menjelaskan bahwa pembubaran Timnas Amin akan dilakukan di rumah Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024