Pengambil Alihan Century Langkah Tepat

VIVAnews - Pengambil alihan PT Bank Century Tbk (BCIC) oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merupakan langkah cepat pemerintah untuk menghindari kemungkinan kondisi lebih buruk.

Jeep Rubicon Mario Dandy Dilelang dengan Harga Limit Rp809 Juta, Intip Spesifikasinya

"Pemerintah tidak ingin mengambil risiko sekecil apa pun," kata pengamat ekonomi Faisal Basri di sela acara Monex Investor Club di Jakarta, Sabtu, 22 November 2008.

Menurut dia, Bank Century memerlukan suntikan dana untuk memeroleh kecukupan modal. "Itu konsekuensi logis. Tidak ada gunanya diambil alih kalau tidak disuntik dana," ujar dia. 

Dia menjelaskan, suntikan dana dari pemerintah itu diharapkan dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sebab, bila terjadi transaksi yang memicu kerugian, sehingga kecukupan modal bank merosot, untuk menjadi sehat, bank harus mendapatkan suntikan modal.

"Nah, ini yang sekarang lagi dihitung oleh pemerintah," ujar dia.

Menurut Bank Indonesia (BI), Bank Century mulai menghadapi kesulitan likuiditas sejak lama. Karena itu, BI telah meminta pemegang saham Bank Century menambah modal sejak Juni 2007.

Dalam keterangannya, BI menyebutkan bahwa semula persoalan likuiditas memang bisa diatasi oleh bank. Namun, seiring dengan berlanjutnya krisis keuangan global, kondisi keuangan Bank Century semakin tertekan.

"Tekanan likuditas semakin berat karena menurunnya persepsi positif nasabah terhadap Century," demikian pernyataan BI.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, BI telah mengambil sejumlah langkah-langkah penyehatan. Di antaranya adalah meminta pemegang saham dan pengurus bank menjual aset likuid berupa surat-surat berharga.

BI juga menempatkan bank dalam status pengawasan intensif dan meminta pemegang saham menambah modal. Itu sudah dipenuhi pada Juni 2007 melalui right issue.

Selain itu, BI sudah meminta bank mengundang investor strategis yang dapat menyelesaikan seluruh permasalahan bank, melakukan tindakan-tindakan pengawasan sesuai ketentuan, serta menyediakan fasilitas pendanaan jangka pendek. Namun sejauh ini berbagai upaya bank tidak membuahkan hasil.

Dengan pertimbangan Bank Century masih berpotensi diselamatkan serta guna menjaga kepercayaan nasabah terhadap sistem perbankan nasional, pemerintah memutuskan untuk menyerahkan pengelolaan Century kepada Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga
Pelita Air datangkan Airbus 320.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

Corporate Secretary Pelita Air, Agdya Yogandari mengatakan, Pelita Air berhasil mencapai rata-rata tingkat ketepatan waktu penerbangan saat arus balik Lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024