Aliran Dana BI

Saksi Lihat Transaksi di Rumah Anthony Zeidra

VIVAnews - Penjaga Rumah Anthony Zeidra Abidin, Wawan Ridwan, membenarkan adanya rombongan tamu, datang berkunjung ke rumah majikannya pada Lebaran 2003. Dalam pertemuan itu, Hadir pula Hamka Yandhu. Para tamu kemudian mengeluarkan koper berisi uang dan memasukkan ke mobil Hamka.

Hal tersebut diungkapkan Wawan saat bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu, 26 November 2008. Wawan bersaksi untuk terdakwa kasus aliran dana Bank Indonesia, Hamka Yandhu dan Anthony Zeidra Abidin.

Wawan Ridwan adalah mantan penjaga rumah Anthony di Jalan Gandaria No. 5 Jakarta Selatan. Wawan sendiri sudah tidak bekerja dengan Anthony sejak kasus ini bergulir pada 2007.

"Beliau (Anthony) menerima tamu setelah Lebaran tahun 2003. Tamu yang pertama ya bapak ini," ujar Wawan sambil menunjuk Hamka Yandhu. Kemudian, "Tiga orang datang dengan menggunakan minibus."

Menurut Wawan, tamu yang berada di minibus itu kemudian mengeluarkan koper dari dalam mobil dan membawanya ke ruang tamu. "Setelah itu koper tersebut dimasukkan ke dalam mobil bapak itu (Hamka)," jelasnya.

Dalam dakwaan disebutkan, koper tersebut berisi Rp 31,5 miliar. Sedangkan tamu yang dimaksud adalah dua pejabat Bank Indonesia, Rusli Simanjuntak dan Asnar Ashari, beserta sopirnya. Selama ini, Anthony selalu mengelak pernah menerima uang dari Bank Indonesia di rumahnya tersebut.
 
Hamka Yandhu dan Antony Zeidra Abidin merupakan terdakwa dalam kasus dugaan aliran dana Bank Indonesia sebesar Rp 100 miliar. Menurut Jaksa, keduanya diduga menerima dana sebesar Rp 31,5 miliar dari dua pejabat BI, Rusli Simanjuntak dan Asnar Ashari. Ketika kasus ini terjadi keduanya menjabat sebagai anggota Komisi Keuangan dan Perbankan Dewan Perwakilan Rakyat.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024