Antisipasi Rabies

DKI Sweeping Kucing dan Anjing Usai Idul Adha

VIVAnews - Anda memelihara kucing dan anjing. Pastikan hewan kesayangan Anda bebas rabies. Jika tidak, maka binatang kesayangan Anda bakal diangkut petugas.

Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur akan melakukan sweeping hewan penular rabies (HPR) seperti anjing, kucing, dan kera. Sweeping ini akan dilakukan setelah hari raya Idul Adha.

Lokasi-lokasi yang akan menjadi target penyisiran antara lain kawasan Pasar Cakung, Tempat Pemotongan Ayam (TPA) di Pulogebang, dan kawasan Pasar Jatinegara.

"Saat ini kami masih mengawasi hewan kurban. Penertiban terhadap HPR pada H+4 setelah Hari Raya Idul Adha," kata Sabdo Kurnianto, Kasi Pengawasan dan Penertiban Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur, Jumat, 5 Desember 2008.

Penertiban HPR merupakan bentuk pengawasan rutin yang telah menjadi tanggung jawab Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur. Jenis HPR yang banyak ditangkap adalah kucing.

Hingga Oktober 2008 Sudin Peternakan dan Perikanan Jakarta Timur telah menjaring 79 HPR yang terdiri atas 18 anjing, 58 kucing, dan tiga kera.

Ia menuturkan, penertiban terhadap HPR ini merujuk pada Perda Nomor 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies serta Pencegahan dan Penanggulangan Rabies di wilayah DKI Jakarta.

Peraturan itu juga mengatur ketentuan kepemilikan hewan, salah satunya jika seseorang lalai membiarkan binatang peliharaannya menularkan rabies maka akan diancam kurungan selama enam bulan dan denda sebesar Rp 5 juta.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 28 Maret 2024. Salah satunya tentang Sandra Dewi yang kena hujat netizen karena suaminya jadi tersangka kasus dugaan korupsi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024