Gila Mulai Menggila

VIVAnews - Alberto Gilardino telah membuat keputusan yang sangat tepat. Pergi dari AC Milan dan kembali merajut mimpi di Fiorentina membuat karirnya kembali bersinar.

Gila --sapaan Gilardino-- ternyata mampu kembali menemukan ketajamannya di pentas Serie A. Hingga giornata 16, Gilardino mampu mengoleksi 12 gol, sama dengan torehan striker Bologna, Marco Di Vaio. Kini, striker kelahiran Biella, 26 tahun silam itu, mampu memuncaki perburuan Capocannonieri musim ini.

Dimanjakan. Mungkin itu menjadi hal yang jarang diperoleh Gilardino di AC Milan. Bukan rahasia lagi, jika Rossoneri menjadi tim yang bertabur bintang.

Praktis, Gila bukan selalu menjadi pilar utama. Gila seakan tenggelam oleh nama-nama besar macam Kaka, Marco Boriello dan si belia, Alexander Pato.

Beruntung, striker dengan tinggi 184 cm itu mengambil keputusan tepat. Pada 25 Mei 2008 lalu, Gila memutuskan untuk meninggalkan San Siro dan berlabuh di Artemio Franchi.

Bersama La Viola, Gila lebih banyak mendapat kesempatan dari sang allenatore, Cesare Prandelli. Pemilik nomor 11 ini juga mampu mengantar Fiorentina ke peringkat 5 klasemen sementara Serie A dengan total poin 29, hanya tertinggal satu angka dari Napoli di posisi 3 dan Milan (4).

Debut pertama Gila di Serie A bersama Piacenza saat melawan AC Milan pada musim 1999-2000. Setelah sempat dua musim berada di Hellas Verona, Gila akhirnya bergabung dengan Parma pada 2002 silam.

Nama Gila memang mulai dikenal saat membela Parma. Bersama Parma, Gila berhasil menjadi Pemain Muda Terbaik Serie A pada 2004 dan Pemain Terbaik Serie A 2005. Gila total mencetak 50 gol hanya dalam 96 laganya di Serie A
bersama Parma.

Penampilan gemilang di Parma itu membuat Milan kepincut dan memboyongnya pada musim 2005-2006. Namun, Gila gagal menjadi pahlawan di San Siro dan mulai dipinggirkan. Total dari 94 laga Serie A, Gila hanya mampu mengoleksi 36 gol.

Beruntung, Cesare Prandelli yang notabene juga menjadi pelatihnya di Verona dan Parma mampu menyelamatkannya. Fiorentina akhirnya memboyong Gila seharga 15 juta euro. Dan mimpi indah Gila kini mulai dirajut.

Karir Timnas

Karir Gila di timnas Italia dimulai 2004 silam. Hebantnya, Gila langsung mempersembahkan trofi Piala Dunia 2006. Gila bermain sebanyak dua kali dan mencetak gol saat Italia melawan Amerika Serikat.

Gila juga bermain di babak semifinal saat mengalahkan Jerman 2-0. Total Gila telah membela Azzurri di 30 pertandingan dan mengoleksi 10 gol.

Terakhir, Gila bermain untuk timnas pada 20 Agustus 2008 lalu. Gila berhasil mencetak satu gol saat Italia ditahan imbang Austria 2-2 di partai persahabatan.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!
Persebaya Surabaya vs Dewa United

Hasil Liga 1: Dewa United Bantai Tuan Rumah Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya harus mengakui keunggulan Dewa United dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo pada Selasa sore, 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024