Longsor di Pangajaran, Lampung

Warga Klaim Real Estate Jadi Penyebab

VIVAnews - Warga masyarakat kelurahan Pangajaran, Lampung mengklaim bahwa banjir dan longsor yang terjadi di wilayahnya sejak Kamis, 18 Desember 2008, adalah akibat ulah pengusaha yang mendirikan perumahan real estate di bukit Lungsir Pangajaran. 

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Tidak hanya itu, keterlibatan pemerintah yang memberikan izin mendirikan usaha real estate juga harus bertanggung jawab atas musibah ini.

"Belum pernah kaya gini sebelumnya, ini terjadi semenjak bukit Lungsir Pangajaran, diubah menjadi real estate," kata Rosliani salah seorang warga yang rumahnya hancur tertimbun tanah longsor.

Karena itu, usai sholat Jumat, warga akan melakukan aksi menuntut pertanggung jawaban pemerintah dan pengusaha atas berdirinya bangunan tersebut, yang sebelumnya merupakan kawasan hijau terbuka milik warga.  

Pemda sendiri belum mengeluarkan pernyataan mengenai jumlah kerugian dan korban akibat bencana tersebut. Data sementara menyebutkan akibat longsor 2 rumah rusak parah dan 60 rumah rusak ringan tertimbun longsor.

Laporan: Agusta Hidayat/Lampung

Perolehan Suaranya 58,6 Persen, Prabowo Subianto: Itu Hasil Demokrasi dan Perjuangan
Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024