2009, Timah Garap Proyek Rp 460 Miliar

VIVAnews - PT Timah Tbk (TINS) berencana menggarap sejumlah proyek internal pada 2009. Diantara proyek tersebut, salah satunya adalah tim chemical senilai Rp 200 miliar dan pembuatan tiga kapal keruk sebesar Rp 260 miliar.

"Rencana ke depan untuk pengembangan belum ada, kami mau mengerjakan proyek yang pasti-pasti saja dan beresiko kecil. Sekarang kami konsentrasi pada proyek internal," ujar Direktur Utama Timah Wachid Usman di gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin, 22 Desember 2008.

Menurut Wachid, pendanaan pembangunan tim chemical perseroan sudah diperoleh. Sedangkan pengembangan tim soldier dengan dana investasi Rp 40 miliar sudah mulai produksi pada Januari 2009.

Terkait pembangunan kapal, lanjut Wachid, jenis yang akan dibangun adalah kapal keruk berkapasitas 1.000-2.000 meterkubik per jam. Dalam pembangunan tersebut, terdapat kapal baru dan kapal yang dimodifikasi. "Tujuannya memang untuk meningkatkan kapasitas dan mengganti kapal lama," jelasnya.

Dia mengakui, Timah saat ini mengoperasikan sekitar 19 kapal keruk. Tahun depan diperkirakan ada tambahan tiga kapal baru masing-masing satu unit skala besar Rp 200 miliar dan dua unit kapal skala kecil senilai Rp 30 miliar per unit.

Bisnis Aspal
Wachid menambahkan, perseroan juga berencana menggarap bisnis aspal jalan. Saat ini dari tiga jenis aspal, Timah baru bisa memproduksi aspal curah dan granula. Sedangkan aspal ekstraksi kini masih dalam tahap studi.

Timah akan menargetkan produksi aspal pada 2009 sebanyak 200 ribu ton berasal dari lokasi tambang Butar. "Aspal berasal dari proyek kerjasama operasional (KSO) dengan PT Sarana Karya yang mulai tahun ini," ujar dia.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

Dia mengatakan, melihat penyediaan peralatan dan harga komoditas, pasar lokal kini sudah mulai terbuka. "Untuk saat ini memang kontribusinya kecil terhadap pendanaannya, tapi ini proyek masa depan," tegas Wachid.

Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024