Undang-Undang Pemilihan Umum

Banyak Caleg Rugi karena Beli Nomor Urut

VIVAnews – Wakil Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Drajad Wibowo, mengatakan keputusan Mahkamah Konstitusi bakal menghapus jual beli nomor urut calon anggota legislatif yang ingin masuk ke parlemen.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

“Dan mereka yang sudah membeli nomor urut, sekarang ini merugi. Ibarat orang main saham mereka merugi,” kata Drajad, anggota Komisi Bidang Keuangan, di parlemen Senayan, Rabu 24 Desember 2008.

Mahkamah menghapus penerapan pemilihan calon anggota legislatif berdasarkan nomor urut. Selanjutnya mengganti dengan mekanisme suara terbanyak. Artinya, hanya kandidat yang meraih dukungan publik paling banyak yang dapat menjadi wakil rakyat pada pemilihan legislatif 2009. Mahkamah memutuskan pembatalan salah satu pasal Undang-Undang (UU) Pemilihan Umum itu Selasa 23 Desember 2008.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Drajad mengatakan partainya mendukung putusan itu. Menurut dia, PAN merupakan pelopor mekanisme suara terbanyak. Ketika pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum, kata Drajad, PAN ikut memperjuangkan agar lolos. Tapi, gagal menggolkannya dalam pengesahan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum menjadi UU.

Menurut Drajad seleksi calon anggota legisaltif berdasarkan nomor urut merugikan calon dari PAN. Sebab, kata Drajad, mayoritas kader partainya memiliki latar belakang bidang pendidikan dan perdagangan yang memadai. Artinya, kader yang sumber daya manusianya bagus terganjal masuk parlemen karena sistem itu.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Drajad mengatakan keputusan MK melegakan calon-calon dari PAN. Kata dia, penerapan mekanisme suara terbanyak ikut memicu kreativitas tiap calon dalam mengenalkan dirinya kepada publik.

Ilustrasi sepeda motor Vespa

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Sepeda motor Vespa memiliki sejarah panjang dan menarik. Lahir di Pontedera pada tahun 1946, Vespa didirikan oleh Enrico Piaggio. Dibuat sebagai solusi transportasi yang

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024