Dinas Pendidikan DKI Jakarta

Wajib Belajar 12 Tahun, Gratis Biaya Sekolah

VIVAnews - Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) DKI Jakarta, akan menjalankan Program wajib belajar 12 tahun untuk digiatkan kembali. Program ini dilakukan sebagai upaya mengurangi jumlah siswa putus sekolah di kalangan siswa SMU dan untuk menghadapi pasar kerja.

Untuk pelaksanaan program wajib belajar 12 tahun, Dinas Dikmenti membagikan kartu gartis sekolah, yang bisa digunakan oleh para siswa mendapatkan pendidikan gratis di sekolah terdekat.

Sasarannya adalah daerah pemukiman kumuh dan padat penduduk yang terletak di Jakarta, seperti kawasan Koja, Tanjung Priok, Jakarta Utara

"Daerah lain juga banyak, tapi saya lupa berapa jumlah kartu yang sudah di bagikan," ujar Kepala Humas Dinas Dikmenti Yusen Hardiman, kepada VIVAnews Kamis, 25 Desember 2008.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam acara silaturahmi dengan wartawan di Hotel Borobudur, Jakarta beberapa waktu lalu mengatakan, bahwa program wajib belajar 9 tahun telah berhasil dituntaskan, dan saat ini sedang di rintis program wajib belajar 12 tahun,

"kita juga sedang giat meningkatkan kwalitas SMK agar siap memasuki pasar kerja," ujar Fauzi.

Untuk pembangunan pendidikan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan anggaran lebih dari 20 persen dari total APBD.

Untuk tahun 2008 saja dana sebesar Rp 4 triliun lebih dari total APBD. dana sebesar Rp 4 triliun tersebut digunakan untuk pembangunan/perbaikan sarana dan prasarana pendidikan.

Selain itu dana tersebut juga digunakan untuk pelaksanaan wajib belajar, penyediaan fasilitas dan perlengkapan pendidikan, peniingkatan kwalitas dan kesejahteraan guru, serta pemberian bea siswa dan biaya operasianal pemeritah (BOP).

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024