Liburan Akhir Tahun

Bebas Repot Berlibur Bersama Si Kecil

VIVAnews - “Kita sudah sampe belum, Mah?” Tampaknya pertanyaan itu sudah puluhan kali dilontarkan si kecil. Bahkan hampir tiap menit. Itu susahnya berlibur membawa anak. Mereka cepat merasa bosan. Nah, simak triknya supaya mereka happy dan nyaman selama di perjalanan.

Sesuaikan jadwal harian si kecil
Sesuaikan jadwal perjalanan dengan jadwal harian anak.  Jika naik pesawat jarak jauh, sebaiknya cari  penerbangan langsung.  Usahakan memilih jadwal terbang di saat waktunya si kecil tidur atau menyusui. Untuk anak yang lebih besar, usahakan duduk dekat jendela. Tiba di airport lebih awal sehingga Anda tak terburu-buru membawa anak Anda. Hal ini juga berlaku, jika Anda berpergian naik kereta.

Bila naik mobil, buat ruang tertentu agar si kecil  bisa tidur. Ada baiknya, Anda berangkat pagi-pagi sekali. Dengan begitu, setelah berganti baju, mereka bisa kembali tidur. Dan, ketika terbangun, perjalanan sudah cukup jauh. 

Kenakan baju nyaman
Pilih bahan pakaian anak yang menyerap keringat, seperti katun. Jangan lupa membawa jaket. Sediakan tas khusus untuk baju-bajunya. Bawa juga tas kecil yang berisi obat-obatan untuknya, botol yang diisi susu bubuk, makanan kecil favoritnya, buku gambar dan krayon, serta mainan atau boneka kesayangannya. Jika anak Anda sudah besar, biarkan ia membawa tasnya sendiri.

Ciptakan permainan
Biasanya, perhatian si kecil bisa teralihkan jika membawa mainan mereka. Tapi, Anda juga bisa, kok, menciptakan permainan agar mereka happy dan nyaman selama perjalanan. Misalnya, Anda bisa membeli kartu, atau buku. Dari situ, Anda bisa mengajak mereka bermain. Buatlah anak Anda bersemangat dengan menceritakan hal-hal yang menyenangkan. Dijamin, si kecil tidak akan mengeluh lagi.   

Siapkan snack kesukaannya
Jangan lupa membawa camilan favorit si kecil. Siapkan satu tas kecil khusus yang berisi makanan atau minuman ringan untuknya. Misalnya, susu atau jus buah kemasan, keripik, biskuit, dan buah-buahan. Sebaiknya, aturan tidak boleh ngemil, dilanggar saja dulu. Lagi pula, mereka kan, sedang berlibur. Jadi, saat mereka merasa lapar, ajak mereka membuka bekal yang disiapkan dari rumah.

Si kecil tidur, Anda istirahat
Waktunya dia tidur, ya, sebaiknya Anda beristirahat dulu. Waktunya dia makan, Anda berhenti dulu untuk makan. Jika tidak, anak Anda bisa rewel sepanjang hari, bahkan  mudah sakit. Bila si kecil mulai gelisah, Anda dapat mampir di rest area. Biarkan dia bermain dan berlari-lari di sekitar tempat istirahat. Biasanya dia rewel karena otot-otot badannya kaku.

Bikin list keperluannya

Agar tidak ada yang terlupa, cobalah membuat list keperluan buah hati. Perlengkapan penting yang sebaiknya tidak Anda lupakan, antara lain:
- Tisu basah dan cairan  antiseptik agar buah hati tidak rentan terkena kuman.
- Kantong plastik untuk persiapan jika si kecil ingin muntah
- Bantal dan selimut agar saat tidur lebih nyaman.

Dominica Court Lifts Same-sex Relationship Ban
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Terima Kenyataan

Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai ditetapkan KPU RI sebagai Presiden dan Wak

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024