AANZFTA Ditandatangani Saat ASEAN Summit

VIVAnews- Penandatanganan ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement  (AANZFTA) akan dilakukan pada ASEAN Summit tahun depan. Rencana ini molor dua  bulan dari rencana Desember 2008 menjadi Februari 2009.

Dirjen Komite Perdagangan Internasional Departemen Perdagangan Gusmardi  Bustami mengatakan hal tersebut disebabkan oleh kondisi politik Thailand  yang sempat memanas dan  beberapa anggota yang masih melakukan verifikasi  atas jadwal penurunan tarif yang disampaikan.
 
"Februari diharapkan sudah ditandatangani,"ujar dia dalam Press Briefing  hasil perundingan FTA di Jakarta, Sabtu, 27 Desember 2008.

Dia menuturkan, penyelesaian perundingan ini memiliki arti strategis bagi  ASEAN khususnya Indonesia karena dapat menyeimbangkan persaingan antara  ASEAN dan China dalam memasuki pasar Australia dan New Zealand.

Dalam negosiasi ini Indonesia memberikan komitmen eliminasi untuk 10.397 pos  tarif, sedangkan 645 pos tarif lainnya diamankan dengan komitmen penurunan  atau pemotongan tingkat tarif dan 117 sisanya dikelompokan ke dalam Exclusion List.

Dengan kata lain, kata dia, komitmen eliminasi Indonesia  dalam AANZFTA hanya mencapai 93,17% dari total pos tarif dengan rentang  waktu 2009-2020. Sementara, dalam negosiasi ini Australia memberikan  komitmen eliminasi 100% dalam kurun waktu 2009-2015 atau setelah 2015, namun 91,77% dari total pos tarif akan dieliminasi pada 2009-2010.

Untuk  New Zealand akan mengeliminasi 97,4% pos tarifnya dalam kurun waktu yang  sama namun pada saat Entry Into Force eliminasi tarif akan mencapai 80% dan  pada 2012 mencapai 90%.Komitmen waktu eliminasi tarif ini lebih baik dari  komitmen yang diberikan New Zealand kepada China, karena pada saat Entry  Intro Force New Zealand memberikan komitmen eliminasi hanya sebesar 60% dan 2012 sebanyak 85%. 

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024