Anak Sakit & Tewas

John Travolta Salahkan Pembersih Karpet

VIVAnews - Anak sulung mereka tewas karena serangan jantung, efek komplikasi penyakit Kawasaki.

Menurut hasil penelitian Children's Hospital Boston's Kawasaki Disease Program, penyebab Kawasaki diduga berkaitan erat dengan bahan kimia dalam produk pembersih karpet. Demikian seperti VIVAnews kutip dari E!Online, Sabtu 3 Januari 2009. Selain itu tempat tinggal tak jauh dari perairan juga diduga menjadi pemicu penyakit Kawasaki.

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak dari keluarga golongan ekonomi menengah ke atas. Seperti Jett Travolta.

Jett nyaris kehilangan nyawanya saat berusia 2 tahun. Hal itu pernah diungkap juga oleh John dalam wawancara dengan Larry King di stasiun televisi CNN. "Aku sangat obsesif soal kebersihan. Kami sering sekali membersihkan karpet di rumah," John berujar saat itu.

Istri John Travolta, Kelly Preston yakin, racun dalam produk pembersih lah pemicu penyakit itu. Kelly dalam wawancara dengan Montell Williams menceritakan betapa terkejutnya Ia saat Jett harus dirawat di rumah sakit lagi pada 2002.

Sistem immune di tubuh Jett tak berfungsi, demamnya sangat tinggi. Kelly membawanya ke dokter, namun mereka tak bisa mendiagnosia penyakit Jett.

Setelah dibawa ke Rumah Sakit Anak Los Angeles, dokter mendiagnosa Jett mengidap Kawasaki. Kelly dan John tak pernah mendengar penyakit itu. Di tempat yang sama, belasan anak pun dirawat karena Kawasaki.

"Aku menanyai semua orang di ruangan itu, dan semuanya baru saja membersihkan karpet dalam beberapa pekan terakhir. Aku tak tahu apa korelasinya, hanya saja kami perlu tahu lebih banyak soal itu," Kelly berujar.

Karena kecurigaannya pada bahan kimia dalam cairan pembersih, gaya hidup keluarga Travolta pun berubah. Mereka tak lagi menggunakan pembersih berbahan kimia. Hampir 90 persen organik, walau mereka masih mengkonsumsi makanan kalengan dan terkadang junk food.

Pada 2002 silam, Kelly menyumbang rekaman tips dan trik memilih produk pembersih ramah anak di rumah. Rekaman itu ditayangkan di talkshow Oprah Winfrey.

Kelly bilang, sebagai Ibu, Ia merasa sudah melakukan yang terbaik. Menjaga semuanya bersih, tak berdebu. Padahal sebaliknya. Ia malah mengundang bahan kimia berbahaya masuk dalam tubuh anaknya. "Jadi jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih," kata Kelly.

The Children's Health Environmental Coalition juga memberi rekomendasi anak-anak sebaiknya berada di luar rumah setidaknya empat jam setelah karpet dibersihkan.

Debat seputar penyebab Kawasaki berlanjut. Beberapa teori terakhir lebih fokus pada kemungkinan bakteri sebagai penyebabnya.

"Ini tidak ada hubungannya dengan bahan kimia dalam shampoo atau serat karpet. Tapi lebih pada bakteria yang tersebar di udara. Ada sebuah ekosistem di karpet, bakteria, spora, dan jamur yang hidup dan tumbuh di sana," ujar Dr David Morens. Epidemiologis di National Institute of Allergy and Infectious Diseases.

Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024