Film The Other Boleyn Girl (I)

Ketika Perempuan Dipercaya

VIVAnews - Film berjudul The Other Boleyn Girl benar- benar tontonan yang sangat brillian menurut saya. Film ini menceritakan betapa ‘daya tarik’ dan kekuatan perempuan bisa menghancurkan tahta dan kekuasaan. Wanita yang tadinya diremehkan dan dianggap sepele, pada akhirnya bisa meluluhkan sekaligus menjatuhkan kekuasaan laki- laki.

Film ini berkisah tentang kehidupan kerajaan Inggris di abad ke- 16, dimana pada saat itu hiduplah seorang Raja bernama Henry Tudor atau Henry VIII. Kerajaan Inggris dibuatnya hancur karena sikapnya yang begitu liar terhadap wanita. Meski istri resminya hanya Queen Catherine of Aragon, namun King Henry VIII memiliki begitu banyak selir.

Keliaran King Henry VIII pada wanita semakin menjadi- jadi saat Queen Catherine tidak bisa memberinya keturunan laki- laki. Padahal, King henry sangat berharap bahwa istrinya dapat memberikan anak laki-laki untuk meneruskan tahta kerajaan. Di masa itu, perempuan sama sekali tidak ada artinya. Seperti Queen Catherine yang telah berkali- kali diduakan oleh King Henry VIII sekaligus dicampakkan karena hanya bisa melahirkan anak perempuan.

Kegagalan Queen Chaterine melahirkan anak laki- laki, membuat King Henry VIII semakin gencar mencari selir yang dapat memberikan anak laki- laki. Adalah Keluarga Boleyn, yang bersepupu jauh dengan penasehat Raja. King Henry mengutarakan keinginannya untuk memiliki selir lagi kepada Thomas Howard, sang penasihat Raja yang juga sepupu jauh dari Keluarga Boleyn.

Akhirnya, Thomas Howard bekerja sama dengan Thoman Boleyn untuk bisa mempersembahkan salah satu Boleyn Girls, Mary Boleyn atau Anne Boleyn untuk dijadikan selir sang Raja. Thomas Boleyn begitu bersuka cita menyambut ajakan sepupunya, karena ambisinya untuk menjadi bagian dari kerajaan Inggris begitu besar. Ia langsung mengajukan Anne Boleyn untuk dijadikan selir King Henry VIII.

Permainan dimulai. Anne Boleyn yang diajukan oleh ayahnya, justru tidak dilirik sama sekali oleh King Henry. Sang Raja justru malah memilih Mary Boleyn untuk dijadikan selirnya. Padahal, Mary Boleyn sendiri sudah bersuamikan William Carey. Namun, dengan segenap tahta dan keuasaannya, King Henry VIII merayu William Carey untuk mengizinkan Mary menjadi selirnya, dengan menawarkan posisi bergengsi di Kerajaan.

William Carey pun tak kuasa menolak permintaan sang Raja. Sampai akhirnya, Mary Boleyn benar- benar menjadi selir sang Raja. Meski awalnya Mary Boleyn tidak menyukai intrik tersebut dan menolak untuk dijadikan selir sang Raja, namun lama- lama Mary mencintai King Henry VIII. Sampai akhirnya, ia mengandung dan melahirkan anak laki- laki.

Anne Boleyn yang merasa sakit hati karena cemburu melihat Mary bersama King Henry VIII, menjadi tidak terkontrol dalam bersikap. Sampai suatu hari, ia melakukan kesalahan yang fatal, yang membuat dirinya harus diasingkan ke Perancis.

Namun, sekembalinya Anne dari Perancis, ia banyak sekali mengalami perubahan. Perangainya sangat baik, smart, educated, charming, dan semakin cantik. Tanpa Anne sadari, King Henry VIII mulai tertarik dengannya. Sang Raja menganggap bahwa Anne mengalami banyak perubahan sekembalinya dari Perancis.

Menyadari akan hal itu, Anne yang cerdas tidak menyia- nyiakan kesempatan untuk meraih kehormatan yang lebih tinggi dari pada sang Kakak, Mary Boleyn. Bukan hanya bersedia menjadi selir, namun Anne meminta kepada King Henry VIII untuk mengasingkan Mary serta menceraikan Queen Catherine supaya posisi Queen of England ia gantikan.

Dari Kristen ke Buddha, Akhirnya Marcell Siahaan Temukan Ketenangan di Islam

Padahal, perceraian King Henry VIII dengan Queen Catherine akan membuat Inggris semakin terpuruk. Pergantian Ratu dirasa sangat sulit karena harus melawan sistem kerajaan monarki yang absolut. Namun, karena sedang tergila- gila dengan Anne, maka King Henry VIII pun menyetujui apapun permintaan Anne.

Disinilah daya pikat dan kekuatan perempuan mulai diakui. Anne Boleyn yang tadinya diremehkan dan dianggap terlalu liar oleh King Henry malah justru membuat sang Raja akhirnya bertekuk lutut tak berdaya pada Anne Boleyn. Semua permintaan Anne dituruti oleh sang Raja, termasuk permintaan Anne menggantikan posisi Catherine menjadi Queen of England, atau dengan kata lain, menjadi istri resmi kedua King Henry VIII.

Ambisi Anne untuk menjadi bagian Kerajaan Inggris terwujud. Namun, kebahagiaannya itu tidak berlangsung lama. Sama halnya dengan Catherine, Anne Boleyn gagal memberikan keturunan laki- laki. Ia hanya mampu memberikan anak perempuan yang kemudian ia beri nama Elizabeth.

Hal itu pula yang membuat King Henry melakukan hal yang sama seperti apa yang telah dilakukan pada Catherine sebelumnya, yaitu mencari selir baru. Adalah seorang perempuan bernama Jane Seymour yang akhirnya dipilih King Henry untuk menjadi selir.

Melihat itu, Anne semakin naik darah. Ia tidak mau suaminya memiliki selir lagi. Yang ia inginkan, King Henry tetap bersamanya meski Anne hanya mampu melahirkan anak perempuan. Ia berusaha hamil lagi dengan segala cara, yaitu berhubungan intim dengan beberapa laki- laki. Yang mengejutkan, Anne tidak hanya berhubungan dengan laki- laki tak sedarah, namun juga terpaksa melakukan hubungan intim dengan George Boleyn, adiknya sendiri, demi mendapatkan anak laki- laki.

Namun sayangnya, intrik tersebut diketahui oleh King Henry. Ia sangat marah dan menjatuhi hukuman mati kepada Anne. Hukuman tersebut ia berikan sesuai dengan peraturan kerajaan Inggris. Anne begitu terpukul, namun ia tidak bisa berbuat apa- apa. Ia hanyalah wanita, mantan ratu Inggris yang akan dipenggal kepalanya karena sebuah kesalahan yang fatal.

Akhirnya, Anne pun dijatuhi hukuman mati. Kepalanya dilibas dengan pedang, disaksikan oleh rakyat Inggris. Sebelum dieksekusi, Anne meminta kepada Mary, kakaknya, untuk mengasuh Elizabeth sebaik mungkin. Sebagai seorang Kakak yang telah diberi amanat, Mary melakukannya dengan baik. Ia membesarkan Elizabeth dengan tulus, sesuai dengan apa yang diindahkan Anne padanya.bersambung..

 Aisyah, gadis yang naik bus hantu dari Lampung ke Bekasi

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Artikel tentang pengalaman mistis menumpang di dalam busa hantu dari Lampung ke Bekasi menjadi yang terpopuler di kanal Trending VIVA.co.id sepanjang Selasa, 9 April 2024

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024