Jelang Pelantikan Presiden AS

Barack Obama Dijemput "Air Force One"

VIVAnews - Enam belas hari sebelum hari pelantikan, presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Barack Obama tiba di Pangkalan Angkatan Udara Andrews, negara bagian Maryland, Minggu malam waktu setempat, 4 Desember 2009 (Senin pagi).

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Ini adalah kali pertama Obama menjadi penumpang dalam pesawat kepresidenan AS, Air Force One, yang membawanya ke Washington D.C dari kota kediamannya, Chicago.

Seperti dikutip dari laman harian Washington Post, Minggu 4 Januari 2009, sebelum menaiki pesawat di Bandara Midway, Chicago, Obama berpose untuk diambil gambarnya. Mengenakan setelan biru tua, dasi biru, dan jas hitam, Obama kemudian menaiki pesawat Boeing 757 yang dicat dengan logo Air Force One.

NamunĀ  pesawat jet kepresidenan yang ditumpangi Obama ini adalah pesawat cadangan dan lebih sering digunakan untuk membawa wakil presiden, ibu negara, dan pejabat papan atas.

Tiba di Pangkalan Angkatan Udara Andrews yang berjarak sekitar 8 mil sebelah timur Washington, iring-iringan mobil membawa Obama ke Hotel Hay-Adams, di mana dia tinggal dengan istrinya, Michelle Obama, beserta kedua putri mereka, Sasha dan Malia.

Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

"Saya sedikit tercekat saat meninggalkan rumah hari ini," kata Obama. "Seorang teman Malia menyerahkan album foto mereka berdua. Mereka telah berteman sejak pra-sekolah dan saya membuka halaman-halaman album itu, dan waktu itu rumah sudah dikosongkan. Momen itu cukup mengharukan," lanjut Obama.

Saat menaiki pesawat, Obama bertemu dengan Kolonel Scott Turner, komandan pesawat yang akan menjadi pilot Air Force One untuk Obama saat dia resmi menjadi presiden. Selain Turner, Obama juga bertemu dengan Reggie Dickson, kepala pramugari-pramugara pesawat. Obama memesan cheeseburger dan kentang goreng dari Dickson. Dickson bercanda dengan para wartawan dengan mengatakan bahwa dia menyiapkan burger "Air Force One-style."

Menanggapi pernyataan apakah Obama sangat menantikan kepindahan ke Washington, Obama mengatakan, "Ya, walaupun nanti tinggal di hotel selama dua minggu, rasanya seperti dua tahun."

Obama didampingi oleh beberapa asisten terbaiknya, termasuk penasihat senior David Axelrod dan juru bicara terpilih Robert Gibbs. Di dalam pesawat Boeing 757 itu, disediakan sepiring buah-buahan dan sewadah permen di kursi penumpang. Walaupun pesawat itu bukan Air Force One, tetapi para pramugari dan pramugara serta staf lapangan mengenakan jaket berlogo Air Force One. Stempel kepresidenan menghiasi interior pesawat.

Presiden terpilih berusia 47 tahun ini menghabiskan dua hari terakhir di Chicago dengan bekerja di kantor transisinya. Dia juga memotong rambutnya dan mengepak barang-barang yang akan dibawa ke Washington. Sedangkan Michelle dan putri-putri mereka, Malia dan Sasha, sudah tiba lebih dulu di ibukota AS, Sabtu malam pekan lalu agar Malia dan Sasha punya cukup waktu menyambut hari pertama mereka di Sekolah Sidwell Friends.

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024