BBM Turun Januari

Maret 2009, Inflasi Tahunan Sudah Satu Digit

VIVAnews - Badan Pusat Statistik memperkirakan Maret 2009 nanti, inflasi tahunan 2009 sudah mencapai satu digit. Ini dipengaruhi kebijakan pemerintah yang diduga akan menurunkan kembali harga premium dan solar pada pertengahan Januari 2009.

"Untuk 2009, inflasi bisa single digit pada Maret. Kalau Februari masih belum bisa, baru mendekati 10 persen karena pada 15 Januari premium dan solar akan turun. Ini adalah potensi sehingga year on year akan mengarah pada penurunan menjadi 10 sekian pada Februari," beber Kepala BPS Rusman Heriawan di Gedung Depkeu, Jakarta, Senin 5 Januari 2008.

Inflasi tahunan satu digit, kata Rusman, bisa dicapai karena inflasi diperkirakan tidak akan terlalu tinggi di bulan Januari. Karena tidak adanya tekanan inflasi yang tinggi, maka angka itu bisa dicapai. Apalagi sumbangan deflasi cukup besar.

Pada Desember 2008, ia mengatakan terjadi deflasi. Hanya dua daerah yang pengeluaran menjelang Natal cukup tinggi yakni Maluku dan Papua.

"Namun untuk Januari konsumsi saya lihat dalam keadaan normal apalagi angkutan umum kemungkinan akan ikut turun. Kalau sesuai harapan, jadi pada Februari sudah mendekati 10 persen, sehingga Maret kemungkinan single digit," katanya.

Sementara terkait Pemilu 2009, ia mengatakan aktivitas ekonomi terkait pesta demokrasi itu bisa menjadi pendorong dan penguat konsumsi ekonomi baru.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Pengakuan Jujur Shin Tae-yong Usai Ernado Ari Gagalkan Penalti Australia

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong buka suara terkait penalti pada laga melawan Australia yang berhasil digagalkan Ernando Ari.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024