Target Tahun 2009

Diplomasi RI Akan Fokus ke Penguatan ASEAN

VIVAnews - Setelah Piagam ASEAN (ASEAN Charter) resmi berlaku 15 Desember 2008, Indonesia sebagai anggota akan turut menyempurnakan elemen-elemen dasar dan infrastruktur Perhimpunan Bangsa di Asia Tenggara tersebut sehingga menjadi lebih solid. Langkah ini menjadi prioritas diplomasi Indonesia di tahun 2009.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Demikian ungkap Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda dalam acara Pernyataan Pers Tahunan 2009 yang berlangsung di Departemen Luar Negeri, Jakarta, Selasa 6 Januari 2009. 

Persiapan yang akan dilakukan Indonesia antara lain menyelesaikan rancang-biru ASEAN Political and Security Community dan ASEAN Socio-Cultural Community dengan kerangka waktu dan rincian kegiatan yang jelas. Selain itu juga menyelesaikan Terms of Reference ASEAN Human Rights body dan memperkuat struktur dan staf Sekretariat ASEAN.

"Konfrensi Tingkat Tinggi ASEAN diharapkan dapat diselenggarakan kembali pada Februari nanti," kata Wirajuda. KTT ASEAN semula akan diadakan pertengahan Desember 2008 di Thailand. Namun karena situasi politik di Thailand masih tidak menentu, maka sidang ditunda hingga Februari 2009.

Wirajuda juga mengatakan Indonesia sebagai anggota ASEAN yang terbesar, sekaligus tuan rumah Sekretariat ASEAN, dituntut memainkan peranan tepat untuk proses integrasi dan tranformasi tersebut. "Hanya dengan ASEAN yang berhasil dalam guliran proses integrasinya, maka ASEAN dapat memainkan peranan sentral atau in the driving seat dalam proses integrasi kawasan yang tengah berlangsung dengan sangat dinamis," kata Wirajuda.

Selain mempersiapkan dasar dan infrastruktur ASEAN, beberapa hal lain yang menjadi prioritas diplomasi Indonesia sepanjang tahun ini adalah membuat sejumlah terobosan di tengah krisis keuangan global.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Untuk mengantisipasi dampak krisis finansial, terutama melemahnya permintaan ekspor dari negara-negara maju, maka aktivitas diplomasi akan fokus pada upaya meningkatkan, memperluas, atau mencari pasar-pasar non-tradisional baru seperti Rusia, negara-negara di Eropa Timur, Afrika, dan Amerika Latin.

Tempat camping

6 Lokasi Camping Populer di Luar Negeri, Ayo Kunjungi!

Hobi camping? Kunjungi lokasi kemah populer di luar negeri ini bersama pinjaman bunga rendah yang praktis!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024