Raja Hussein Kunjungi Israel

VIVAnews – Dua tahun setelah penandatangan perjanjian damai Yordania-Israel, pada 10 Januari 1996, Raja Hussein dari Yordania mengunjungi Israel.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Kunjungan ini dilakukan Hussein dengan mengendarai sendiri helikopternya menuju pangkalan udara Sde Dov tidak jauh dari Tel Aviv. Hussein adalah pemimpin Yordania pertama yang berkunjung ke ibukota Israel tersebut.

Yordania dan Israel mengakhiri perang mereka yang telah berlangsung selama 46 tahun pada tahun 1994. Perundingan damai antar kedua negara terwujud berkat mediasi Presiden AS Bill Clinton.

Dukcapil DKI Catat Ratusan Ribu Warga Pemegang KTP Jakarta Tinggal di Bodetabek

Pada Perang Teluk 1991, hubungan kedua negara sempat memanas setelah Raja Hussein terang-terangan mendukung Presiden Irak, Saddam Hussein. Namun perjanjian damai pada tahun 1994 dan memburuknya hubungan Hussein dengan Saddam membuat hubungan Yordania dan Israel membaik kembali.

Meskipun banyak mendapat tentangan di dalam negeri dan dunia Arab, perdamaian antara Yordania-Israel terus terjaga. Kedua negara bahkan menjalin berbagai kerjasama di bidang pembangunan dan penelitian.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Hubungan baik tersebut terus dipertahankan Raja Abdullah II, pemimpin Yodania sekarang. Raja Hussein sendiri meninggal dunia pada tahun 1999 akibat kanker.

Konferensi Pers

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Aktor dan aktris ternama Tanah Air, Nicholas Saputra dan Putri Marino disatukan dalam film The Architecture of Love, produksi Starvision tayang di bioskop 30 April 2024

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024