Tragedi Palestina di Gaza

Wartawan Juga Jadi Korban Kekejaman Israel

VIVAnews - Seorang wartawan Palestina tewas saat tank pasukan militer Israel membombardir rumahnya di distrik Al-Zaitoun, wilayah timur kota Gaza, Jumat 9 Januari lalu. Alaa Murtaji, wartawan untuk stasiun televisi lokal, Al-Buraq, meninggal akibat menderita luka parah di rumah sakit Shifa.

Pada Jumat lalu serangan Israel juga mengenai Menara al-Johara, gedung yang menjadi kantor sekitar 20 media dan studio produksi. Serangan tersebut melukai dua wartawan dari televisi nasional Iran, al-Alam. Juru bicara militer Israel mengatakan bahwa kantor media tersebut tidak masuk ke dalam daftar target serangan, tetapi bangunan tinggi itu mengalami kerusakan akibat hantaman rudal.

Sehari sebelumnya (8 Januari 2009), gempuran tentara Israel juga menewaskan Ihab el-Wahidi el-Baligh yang juga berprofesi wartawan, setelah rumahnya diserang. Waktu itu Baligh sedang mampir ke rumah di pinggiran barat daya kota Gaza tersebut untuk mengunjungi keluarga yang dia tinggalkan karena harus bertugas. Istri dan ayah mertuanya ikut terbunuh.

Baligh bekerja sebagai juru kamera untuk stasiun televisi resmi pemerintah Palestina, Filastine, yang sering meliput kegiatan Presiden Mahmoud Abbas. Berdasarkan informasi dari laman Reporters Without Borders, sejak serangan Israel ke Jalur Gaza 27 Desember 2008, dua wartawan terbunuh.

Hingga hari ini, menurut stasiun televisi CNN, jumlah korban tewas akibat serangan ke Gaza sebanyak 898 warga Palestina, 45 persen dari jumlah tersebut adalah perempuan dan anak-anak. Sedangkan korban luka hingga sejauh ini berjumlah 3.695 warga Palestina.

Dalam serangan Israel ke Jalur Gaza Minggu kemarin, 33 warga terbunuh, termasuk seorang perempuan hamil. Sedangkan dari pihak Israel, sepuluh tentara Israel dan tiga warga sipil tewas akibat serangan roket pejuang Hamas dari lokasi-lokasi tertentu di Jalur Gaza ke wilayah Israel.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024