30% Jalanan Jakarta Rusak Tergerus Hujan

VIVAnews - Hujan lebat yang mengguyur Ibu Kota selama sepekan terakhir mengakibatkan sejumlah ruas jalan rusak. Jalan rusak mencapai 30 persen dari 40 juta kilometer jalan di Jakarta.

Demikian disampaikan Kepala Sub Dinas Jalan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Hasnil Hasan Basri, Kamis 15 Januari 2009. "Saat ini yang kita lakukan menutup lubang secara rutin dengan beton. Kalau dipaksakan diaspal, jalan akan kembali mengelupas," ujarnya.

Ruas jalan yang rusak tersebar di sejumlah titik di Jakarta Timur seperti Jalan MT Haryono, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Otto Iskandardinata. Jalan rusak juga terjadi di Jalan Jalan Mampang, Jakarta Selatan.

Sedangkan jalan rusak di kawasan Jakarta Utara saat ini mencapai 336 titik seluas 6.000 meter persegi. Kerusakan jalan yang juga disebabkan air pasang laut itu tersebar di sejumlah titik seperti Jalan Plumpang Semper, Jalan Tipar Cakung, Jalan Kramat Jaya, Jalan Enggano, Jalan Sulawesi, Jalan RE Martadinata, Jalan Lodan Raya, Jalan Gunung Sahari, Jalan Cilincing Raya dan Jalan Cakung-Cilincing (Cacing). "Untuk jalan Yos Sudarso baru diperbaiki langsung rusak kembali karena terkena genangan air dan jebolnya sebuah tanggul," kata Hasnil.

Jumlah jalan rusak, kata Hasnil, diperkirakan akan terus meningkat seiring meningkatkan intensitas curah hujan. Perbaikan jalan juga dikhawatirkan akan tertunda jika jalanan tersu diguyur hujan. Untuk itu, ia meminta masyarakat waspada terhadap lubang-lubang di sejumlah jalan itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Budi Widiantoro, mengatakan, telah dianggarkan Rp 30 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara untuk mengatasi kerusakan jalan sepanjang 2009.

AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK
Ria Ricis

Akhirnya Bicara, Ria Ricis Tegaskan Tetap Mau Cerai dari Teuku Ryan

Ria Ricis tetap teguh dengan pendiriannya untuk bercerai dari Teuku Ryan. Hal itu disampaikan langsung Ricis dalam sepucuk surat yang ia tulis lalu dibacakan kuasa hukum.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024