Solusi Enterprise

Garuda Gandeng Telkom untuk Contact Center

PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan PT Garuda Indonesia baru saja meresmikan layanan contact center terpadu yang dikelola dan dijalankan langsung oleh anak perusahaan Telkom, PT Infomedia Nusantara (Infomedia).

Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh masing-masing direktur utama, Rinaldi Firmansyah selaku dirut PT Telkom dan Emirsyah Satar sebagai dirut PT Garuda Indonesia. Penandatanganan dilakukan di Citywalk, kantor layanan contact center Telkom-Garuda, Jakarta, Kamis 15 Januari 2009.

Garuda Indonesia, yang memiliki rata-rata 500.000 panggilan per bulan pada call centernya, mempercayai Infomedia sebagai mitra contact center untuk menangani layanannya tersebut. Dalam setahun, Emirsyah mengatakan, call-center Garuda mampu mencapai 11 juta panggilan.

"Dua-belas persen di antaranya merupakan transaksi atau reservasi, yakni sekitar 60.000 calon penumpang per bulan," kata Emirsyah. "Oleh karena itu, kami percaya Infomedia sebagai pemimpin industri call center Indonesia cukup capable untuk menangani layanan kami tersebut," katanya.

Menurut Emirsyah, pada prinsipnya, Garuda ingin memudahkan user yang ingin mereservasi tiket karena jauh lebih efisien. Kendati kini dikelola Telkom, nomor Contact Center Garuda juga tidak berubah.

Hal senada disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Mohammad Nuh yang juga hadir untuk menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian Kantor Layanan Contact Center tersebut.

"Ada tiga manfaat dari layanan contact center ini, efisiensi bagi konsumen, terbukanya lapangan kerja bahkan untuk penyandang cacat, dan content developer dapat berjalan dengan semestinya. Yang terpenting konsumen merasa dimudahkan karena dapat melakukan reservasi lebih mudah dan cost-efficient," ujar Nuh.

Lebih lanjut, Nuh memuji kerja sama kedua perusahaan cukup mulia karena membuka kesempatan para penyandang cacat untuk bekerja sebagai karyawan contact center. Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman antara Dirut Infomedia, Agina Siti Fatimah, dan Ketua Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) DKI Jakarta, Purnamawati M.R dan Tatiek Fauzi Bowo.

Sementara Rinaldi menyadari potensi yang dimiliki para penyandang cacat tidak kalah dengan rekan-rekan lain yang dikaruniai kesempurnaan fisik. "Terbukti di beberapa negara luar, di mana sebuah call center berisi orang-orang penyandang cacat (disable) dan usia lanjut yang dinilai masih produktif," ucapnya.

Saat ini, di Kantor Layanan Contact Center Telkom-Garuda tersedia 1.172 posisi (seat) dengan jumlah agen mencapai 1.500 orang. Secara total, Telkom memiliki sekitar 7.000 layanan contact center melalui Infomedia, yang tersebar di antaranya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Bali dan Medan.

Anak di Bawah Umur Diduga Dicabuli Saudara di Cengkareng, Begini Modusnya
Cha Eun Woo Fan Concert

Cha Eun Woo Nyanyikan Lagu-Lagu Album Entity Saat Fan Concert di Jakarta

Cha Eun Woo mengungkapkan acara kali ini sangat spesial karena bukan hanya fan meeting biasa melainkan fan concert, ia akan menyanyikan lebih banyak lagu di atas panggung

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024