Tips Menjadi Orang Tua Bijak

VIVAnews - Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Sedikit perbaikan dapat membawa perubahan besar pada kehidupan keluarga.

Selain menerapkan peraturan standar, Anda sebaiknya menyediakan waktu untuk bercanda dengan anak. Jadikan mereka teman bicara dan berupaya membuatnya tertawa.

Berikut beberapa tips sederhana untuk menjadi orang tua yang baik bagi mereka.

* Beri mereka waktu
Walaupun pada saat yang tidak menyenangkan, berikan seluruh waktu Anda untuk anak-anak. Saat itu, anak memang membutuhkan perhatian Anda. Kegiatan yang sedang Anda lakukan, seperti mencuci dan menyeterika dapat ditunda 10 menit.

* Terapkan peraturan standar
Jika Anda memiliki banyak aturan, pertengkaran akan sering terjadi. Peraturan standar yang dapat Anda terapkan di antaranya memintanya selalu berkata jujur dan bersikap baik pada semua orang.

Demi keamanan, minta anak untuk memberitahukan di mana mereka berada dan tidak berbicara dengan orang asing.
 
* Buat mereka tertawa
Bercengkerama sebelum tidur, bercerita kepada mereka tentang di mana ayah dan ibu ketika kecil, dapat membuat mereka tersenyum.

* Jangan melakukan kegiatan bersamaan
Kegiatan yang tidak mungkin Anda lakukan adalah bercakap-cakap melalui telepon sambil membuatkan teh atau membantu anak menyelesaikan pekerjaan rumah.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

Pekerjaan itu tidak akan membuahkan hasil maksimal. Tanggapan anak-anak bisa buruk dan Anda pun akan stres.

* Ingatkan mereka untuk berterima kasih
Menuliskan kata terima kasih adalah hal biasa. Tapi, itu akan menunjukkan anak-anak sangat berbeda dari teman dan keluarga.

Berikan kertas hitam dan pulpen bertinta perak untuk menuliskan kata itu agar terlihat lebih menarik. Ketika mereka besar, biarkan dia menuliskannya pada surat elektronik (email) jika diperlukan.

Shin Tae-yong, Pelatih Timnas Indonesia

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Momen Shin Tae-yong (STY) dilempar telur kembali viral dan ramai diungkit warganet jelang pertandingan Timnas Indonesia vs Korea Selatan di perempat final Piala Asia U-23

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024