Ingin Langsing, Silakan Santap Menu Jamur

VIVAnews - Sudah mati-matian diet dan berolahraga teratur, tapi berat badan tak kunjung turun? Menyantap aneka jenis jamur bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi kalori dalam tubuh.
 
Jamur memang kaya nutrisi. Jika diolah menjadi makanan, khasiatnya antara lain, sumber protein nabati. mampu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah koroner,  mengandung antibiotik yang berguna untuk pencegahan anemia, dan juga dipercaya sebagai afrodisiak (makanan peningkat gairah). Tapi, jamur dapat melangsingkan tubuh, itu yang baru!

Alasan wanita sulit menurunkan berat, salah satunya adalah karena mereka tidak memperhatikan kadar kalori yang tinggi dalam tubuh. Dalam studi yang dipublikasikan Jurnal Appetite, seperti dikutip VIVAnews dari Women's Health, 18 Januari lalu, ditemukan, bahwa sebagian besar orang yang mengkonsumsi beragam jenis hidangan berisi daging atau jamur  satu kali dalam seminggu, kadar kalorinya menurun hingga 420 kkal.
 
Jadi, bila Anda menyantapnya setiap minggu, menurut hasil penelitian, bukan tidak mungkin tubuh dapat membakar kalori hingga 1.680 kkal tiap bulannya. Lalu, bagaimana perhitungan kadar kalori dengan berat badan?
 
Bila tubuh membakar 3.500 kkal, ternyata dapat mengurangi berat badan hingga 0,45 kilogram. Dengan begitu, Anda perlu menyantap hidangan berisi jamur, seperti jamur kuping, shitake, atau merang secara rutin sekali per minggu selama enam bulan untuk membuang satu kilogram berat badan.
 
Namun, Anda perlu mengetahui jumlah asupan kalori yang masuk dalam tubuh. Hal ini untuk menghindari pembakaran kalori yang berlebihan nantinya. Ada cara mudah menghitung kebutuhan kalori Anda tiap harinya Rumusnya sebagai berikut:

Pria = 66 + (13.7 x BB) + (5 x TB) - (6.8 x U)
Wanita = 65.5 + (9.6 x BB) + (1.7 x TB) - (4.7 x U)

Keterangan:
BB = Berat Badan ideal (kg)
TB = Tinggi Badan (cm)
U = Umur (tahun)

Dengan perhitungan cara di atas, maka baik kelebihan maupun kekurangan berat badan dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan kalorinya untuk berat badan yang ideal.
 
Nah, kalau begitu, alangkah baiknya bila santapan jamur ini disesuaikan dengan program diet Anda. Bisa jadi penyusutan berat badan lebih cepat dari yang Anda kira. Selamat mencoba!

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)
Ilustrasi STNK

Sebagian Daerah Hapus Pajak Progresif dan Bea Balik Nama, Ini Daftarnya

Kebijakan ini akan mulai berlaku pada 1 Januari 2025.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024