2009, Penjualan Sedan Turun 30 Persen

VIVAnews - Penjualan sedan diperkirakan menurun pada tahun ini. Pergerakan negatif bursa saham dan meningkatnya harga jual kendaraan tersebut dinobatkan sebagai pemicunya.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto

"Penjualan sedan akan turun sebanyak 30 persen tahun ini," kata Direktur Otomotif dan Transportasi Asia Pasifik Frost & Sullivan Vivek Vaidya dalam Indonesian Automotive Outlook 2009 di Jakarta, Selasa, 20 Januari 2009.

Menurut Vivek, tahun ini penjualan sedan diprediksi sekitar 24.080 unit, atau turun 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 34.300 unit. "Penjualan sedan yang diprediksi turun yaitu untuk harga di atas Rp 200 juta," katanya.

Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Penyebab utamanya, tutur Vivek, adalah jatuhnya pasar saham dan kenaikan harga sedan sekitar 10-25 persen di tahun ini.

Pada kesempatan itu, dia juga mengakui, kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) pada Mei 2008 atau kuartal kedua tidak mempengaruhi penjualan otomotif di kuartal ketiga 2008.

"Namun, penjualan di kuartal keempat menurun karena pengaruh krisis keuangan global, kenaikan suku bunga, kenaikan pajak kendaraan bermotor (PKB), dan bea balik nama (BBN)," kata Vivek.

KPK Sebut Prabowo Subianto Tak Perlu Setor Nama-Nama Calon Menterinya
Ketua DPRD Klungkung

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM dan lainnya lagi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024