Sepeda Motor Penyumbang Kecelakaan Terbesar

VIVAnews - Sepeda motor menempati urutan teratas dalam kasus kecelakaan di jalan raya. Hal ini sebanding dengan populasinya di Indonesia. Sepeda motor mendominasi populasi kendaraan di jalan raya.

Ketua Forum Keselamatan Transportasi Masyarakat Transportasi Indonesia, Heru Sutomo, mengatakan, populasi kendaraan bermotor meningkat 5 juta unit setahun terakhir yang saat ini jumlahnya mencapai 56 juta unit.

Angka kecelakaan yang melibatkan angkutan umum juga tinggi. Hal ini dipicu rendahnya mutu armada yang didominasi kendaraan tua. "Sistem pengujian kelaikan kendaraan juga tak efektif," ," katanya dalam dialog publik di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 22 Januari 2009.

Kondisi ini seharusnya menjadi tantangan bagi para pengelola angkutan umum untuk memperbaiki pelayanan. Dengan pelayanan yang baik tentu saja akan memicu para pengguna sepeda beralih ke angkutan umum.
 
Keselamatan transportasi jalan tetap menjadi prioritas dan masalah serius pada tahun 2009. Perlu perhatian serius terhadap seluruh unsur penyebab kecelakaan jalan seperti kondisi jalan. Hasil investigasi Masyarakat Transportasi Indonesia menunjukkan, jalan provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia masih sangat buruk. "Ini akan membuat kecelakaan jalan terus meningkat," kata Heru.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya
Ketua KPK Sementara, Nawawi Pomolango

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron

Ketua sementara KPK, Nawawi Pomolango buka suara soal laporan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron ke Dewas KPK. Ia menyebut terkait laporan Ghufron kepada Albertina Ho di Dewas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024