Persijap Vs Persitara

Sama-sama Punya Celah

VIVAnews – Partai pembuka putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2008/2009 akan digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Sabtu, 24 Januari 2009. Tuan rumah Persijap Jepara bertekad untuk tidak melewatkan satu laga pun yang mampir di kandangnya itu, termasuk lawan Persitara Jakarta Utara, sore ini.

Pelatih Persijap Jepara, Junaedi kepada Daniel Siahaan, wartawan GOSport, Jumat, 23 Januari 2009 mengatakan timnya sudah bertekad untuk tidak melepas satupun pertandingan kandangnya untuk putaran kedua ini. Karena itu saat berhadapan dengan Persitara sore ini, pemain-pemainnya diminta untuk tampil dengan penampilan maksimal.

“Delapan laga kandang wajib kami menangkan. Hal itu sudah menjadi keputusan bersama antara pemain,pelatih, dan manajemen. Jadi, siapa pun lawannya, tak  boleh pulang dengan kepala tegak,” kata Juanedi. 

Meski demikian, bukan perkara mudah bagi Persijap untuk mewujudkan impiannya itu pada pertandingan yang akan disiarkan langsung oleh ANTV mulai pukul 18.30 WIB itu.. Untuk mengunci tiga poin pada pertandingan perdana putaran kedua ini, Junaedi setidaknya harus bekerja ekstra keras untuk memperbaiki lini belakangnya.

Masalah muncul setelah kapten sekaligus bek tengah Persijap, Evaldo Silva harus absen karena akumulasi kartu kuning. Pekerjaan Juanedi makin berat setelah pemain baru asal Thailand, Phaytoon Thiabma belum mendapat izin dari Badan Liga Indonesia (BLI) untuk tampil di BLI.
 
Manajemen mencoba mengurangi beban Juanedi dengan berusaha memenuhi syarat yang diajukan oleh BLI. Sebab, kehadiran Phaytoon diyakni mampu mengisi posisi yang ditinggalkan Evaldo.

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok

"Dia pemain serba bisa. Itulah mengapa saya pilih Phaytoon sebagai pengganti Sciucatti," kata Junaidi. Carlos Raul Sciucatti adalah striker Argentina yang dilepas Persijap ke Persela Lamongan pada jeda kompetisi baru-baru ini.

Berutung kelemahan di lini belakang tidak menular ke lini tengah dan depan. Bahkan untuk kedua lini ini, Persijap memiliki banyak stok pemain-pemain yang mumpuni, terlebih pemain asing yang mengisi posisi-posisi itu .

Di barisan depan, duet Arnaldo Villalba dan Pablo Frances dipastikan menjadi starter. Sedangkan, Amarildo Souza akan menjadi jenderal di lini tengah. ”Kami akan mencoba memanfaatkan pemain-pemain yang ada semaksimal mungkin,” kata Juanedi.

Mengenai kekuatan lawan, Juanedi tak mau anggap enteng. Meski Persitara datang dengan kondisi compang-camping, mantan pelatih Persiba Balikpapan itu meminta pemainnya untuk tetap waspada. Terutama terhadap pergerakan dua pemain, Yahya Sosomar dan John Tarkpor yang berhasil membobol gawang Persijap pada pertemuan di putaran pertama lalu.

Persitara sendiri datang dengan kekuatan tiga dari empat pemain asing yang mereka miliki. Banaken Bosseken terkena yang menjadi andalan tim berjuluak Laskar Si Pitung itu di lini belakang harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Beruntung Persitara sudah bisa menurunkan pemain anyar, Prince Bello. Pemain ini akan menjadi andalan Si Pitung di lini depan. Suntikan tenaga baru juga akan diberikan mantan kapten tim Persiwa Wamena, Herman Runtini dan Stehpen-  gelandang asal Papua.

Tak hanya karena minim pemain asing, Persitara juga masih tampil dengan dua pelatih yang tak memenuhi syarat BLI, Dadang Iskandar dan Dody Sahetapi. Pelatih baru asal Austria, Pikal Wolfgang masih belum disahkan oleh BLI. Bahkan bila hari ini verifikasi Wolfgang tidak diloloskan BLI, Persitara bakal dilarang untuk tampil di LSI musim depan.

Menghadapi kondisi ini, Manajer Persitara Hary 'Gendhar' Ruswanto mengaku tak gentar. Menurut Gendhar, untuk mengalahkan Persijap memang bukan hal mudah. Apalagi tuan rumah akan mendapat dukungan penuh dari penonton. Namun, dengan hadirnya Herman dan Bello, dia yakin Hariman Siregar cs bisa mencuri poin. ”Ya, minimal serilah,” ungkap Hary.

REKOR PERTEMUAN
LI 2006  Persitara vs Persijap 1-1
             Persijap vs Persitara 1-0
LS 2008  Persitara vs Persijap 2-0
 
PRAKIRAAN FORMASI
PERSIJAP  (4-4-2)
Pelatih: Junaedi
82-Danang,6-Aji, 55-Sofyan, 4-Evaldo, 14-Paithon, 27-Dony, 51-Amarildo, 7-Enjang, 18-Nurulhuda,20-Pablo, 10-Arnaldo

PERSITARA: 4-4-2
12- Rony, 4-Regi,  5-Taufiq,  77-Ebendje, 22-Eko,  16-Yahya,  13-Hariman,  17-Herman,  8-Dedy, 9-Riv’ai, 10-Bello
PELATIH: Dadang Iskandar

Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024