Selama Januari 2009

Akibat Jalan Rusak, 11 Kecelakaan dan 2 Tewas

VIVAnews - Kepolisian Daerah Polda Metro Jaya mendesak Pemerintah Provinsi DKI segera memperbaiki jalan rusak. Sebab jalan berlubang menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya jumlah kecelakaan akibat jalan berlubang dalam Januari ini sudah mencapai 11 kasus. Dari jumlah tersebut 2 pengendara meninggal dunia dan 5 lainnya mengalami luka berat.

"Kami meminta supaya pemerintah dapat dengan serius menangani masalah ini," kata Kepala Seksi Kecelakaan Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Herman Ruswandi kepada VIVAnews.

Menurutnya ada beberapa lokasi jalan berlubang yang cukup membahayakan sepeda motor. Seperti  di antaranya Jl DI Panjaitan, Jl  Yos Sudarso dan Jl Gatot Subrorto. Akibat hujan yang terjadi besaran lubang itu sudah meluas kisarannya 10 sampai dengan 20 sentimeter. 

Selain itu kolong Semanggi, arah selatan juga mengalami kerusakan. Banyak laporan ke Call Centre Traffic Managemen Center Polda Metro Jaya  yang meminta supaya pemerintah memperbaiki Jalan itu.

Kasus kecelakaan paling banyak terjadi pada malam hari. "Banyak pengendaran yang tidak mengetahui ada lubang," ujarnya.

Menurut Herman, lubang-lubang di Jalanan itu seringkali membuat pengendara khususnya sepeda motor terjatuh.

Untuk itu dia meminta kepada Pemerintah DKI supaya dapat lebih serius menangani jalan berlubang. "Jangan baru seminggu ditambal kemudian rusak kembali," katanya.


Sebelumnya Koordinator Traffic Management Center Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Indra Jafar menilai banyaknya jalanan yang rusak salah satunya diakibatkan oleh sistem drainase yang kurang baik. "Perlu dilakukan perbaikan terhadap sistem drainase di Jakarta ini," jelasnya.  

Jumlah jalan berlubang yang tercatat di Traffic Management Center Polda Metro Jaya pada pekan lalu sebanyak 50 lokasi. Untuk Jakarta Selatan (21 titik), Jakarta Timur (9 titik), Jakarta Pusat  (7 titik), Jakarta Utara (9 titik) dan Jakarta Barat (4 titik)

Kepala Sub Dinas Pekerjaan Umum Jalan Pemerintah Provinsi DKI Hasnil Hasan Basri mengungkapkan pihanya sudah melakukan penambalan terhadap jalan-jalan yang rusak.

Beberapa ruas yang telah diperbaiki antara lain Jl Mampang dan Jl Perintis Kemerdekaan

Jumlah anggaran yang dikucurkan untuk perbaikan jalan pada tahun ini  sekitar Rp 77 miliar. Meskipun yang dianggarkan terbatas,  Pemprov DKI berusaha memaksimalkannya.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania
Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Masa Penahanan Harvey Moeis Diperpanjang, Kejagung Ungkap Alasannya

Adapun masa penahanan Harvey Moeis diperpanjang selama 40 hari ke depan mulai 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024