Wah, Pelajar di Jakarta Banyak Yang Merokok

VIVAnews - Teman-teman pasti sering melihat orang dewasa merokok di  tempat umum. Jika melihat, jangan segan-segan untuk menegurnya atau  menjauhi mereka.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Karena, selain sangat berbahaya bagi kesehatan kalian,  dan bukan tidak mungkin mereka bisa mempengaruhi kalian untuk merokok.

Dan ternyata memang banyak perokok yang berasal dari kalangan pelajar  seperti kita.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Fakultas Kesehatan  Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka yang dilakukan pada 353 murid  SMP dan SMA di DKI Jakarta pada 2007, ada 31,5 persen atau 111 pelajar  yang mulai merokok pada usia 15 tahun.

Nah,yang lebih mengejutkan  adalah, 1,9 persen atau 6 murid mengaku mulai merokok sejak berusia  empat tahun.

Menurut Ketua Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi atau sering disapa  Kak Seto, anak menjadi seorang perokok bisa saja karena pengaruh  tayangan iklan, dan pengaruh lingkungannya.

"Ini sangat memprihatinkan,  anak berusia empat tahun sudah mengenal rokok," kata Kak Seto kepada
VIVAnews.

Menurut Kak Seto, dampak tayangan iklan rokok di televisi cukup besar.  "Mungkin karena iklan rokok dianggap tak berbahaya, banyak orang yang  tidak terlalu perduli," kata Kak Seto.

Padahal anak-anak bisa menyerap semua informasi  yang dilihat, lanjut Kak Seto.

Kak Seto juga mengatakan lingkungan keluarga juga bisa membuat anak  menjadi seorang perokok. Anak mungkin saja meniru orang-orang di  sekitarnya yang perokok.

Alasan anak-anak seperti kita menjadi perokok  ternyata cukup beragam. Seperti, karena tidak sekolah, masalah ekonomi,  dan juga frustasi. "Tetapi ada juga yang hanya agar merasa hebat," kata  Kak Seto

Ternyata banyak juga ya, anak-anak seperti kita yang menjadi perokok.  Padahal kan rokok sangat berbahaya dan menimbulkan berbagai penyakit  seperti kanker dan asma.

Sidang kasus korupsi  (Foto ilustrasi)

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Hakim mencecar saksi sampai tidak berkutit di kasus korupsi Tol MBZ. Dalam hal itu juga diketahui kalau tender sudah disetting siapa pemenangnya. Membuat hakim jadi heran

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024