Temuan Baru

Berudu Bisa Menjadi Obat Kanker Kulit

VIVAnews - Siapa sangka berudu kecil yang sering kita lihat di selokan ternyata bisa menjadi bahan obat kanker kulit. Menurut peneliti, senyawa yang terdapat dalam berudu atau anak katak ini dapat menghentikan pertumbuhan sel penyebab kanker kulit, melanoma.

Penelitian di Inggris mengungkapkan hal tersebut setelah melakukan eksperimen dengan berudu. Hasil penelitian tersebut, didapatkan kesimpulan kandungan dalam berudu ternyata dapat menghentikan pertumbuhan dan pergerakan pigmen sel melanoma.

Melanoma merupakan sel kanker yang sangat agresif. Dan, bagi penderita kanker sel ini sangat sulit dihentikan. Pertumbuhannya yang tidak terkontrol merupakan penyebab kematian penderita kanker kulit.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan, terdapat sekitar 60.000 orang di dunia yang meninggal  tiap tahunnya karena akibat kulit. Dan, penyebab utama penyakit ini adalah terlalu sering terkena paparan ultraviolet dari matahari.

"Sekali sel melanoma bermigrasi ke bagian tubuh lain, maka akan sulit untuk menghentikan pertumbuhannya. Operasi atau kemoterapi juga akan sulit untuk menghentikannya," kata Grant Wheeler, kepala peneliti,di Universitas Britain.

Wheeler dan tim penelitinya meneliti berudu jenis Xenopus laevis, yang berasal Afrika Selatan. Mereka memeriksa 2000 senyawa yang terdapat pada berudu tersebut. Dan, memberikannya pada National Cancer Institute, AS. Senyawa itu berpotensi untuk menghentikan pergerakan sel melanoma.

Senyawa tersebut diberi nama metalloproteinase atau NSC 84093. Peneliti memecahkan senyawa dalam air dan memfertilisasi telur-telur katak. Saat embrio berubah menjadi berudu,pergerakan pigmen melanoma dapat terhenti. Dan, katak kecil tidak berkembang seperti biasanya. Penemuan tersebut dipublikasi dalam Cell Press journal Chemistry and Biology.

"Langkah selanjutnya adalah mencoba senyawa ini pada spesies lain dan semoga dapat dijadikan sebagai obat kanker kulit pada manusia,"kata Wheeler.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Sekretaris Jenderal DPP PKS Habib Aboe Bakar

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Partai Keadilan Sejahtera, siap menggelar karpet merah untuk Prabowo Subianto, Presiden terpilih Pilpres 2024. Itu akan dilakukan jika Prabowo hadir di halal bi halal PKS

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024