Sepuluh: Potret Jalanan Muram Warna Pualam

VIVAnews - Sepuluh, nilai untuk sebuah kesempurnaan. Namun nyatanya tak ada manusia yang sempurna. 'Sepuluh' besutan Henry Riady menyuguhkan pencarian kesempurnaan cinta dalam ketidaksempurnaan hidup. Yanti (Rachel Maryam), Thomas (Ari Wibowo) dan Mongki (Yofana) bergelut di dalamnya.

Pilu benar hati Yanti. Aditya (Mario Tanzala) -suaminya yang pecandu narkoba- membawa lari anak mereka, Maria. Di tengah guyuran hujan deras Yanti mengejar. Tragisnya, Ia tertabrak mobil. Setelah pulih, Yanti ditangkap polisi. Ia dituding sebagai pemilik narkoba yang ditemukan di rumahnya. Perempuan malang itu dipenjara.

Sepuluh tahun kemudian. Anak jalanan Jakarta di lampu merah tak ubahnya karyawan. Diawasi Saring, tiap anak wajib setor uang, tak terkecuali Mongki (Yofana) dan Darius (Prana). Jika setoran kurang, bogem mentah bos Dargo (August Melasz) melayang.

Dargo juga punya bisnis ilegal. Dia menjajakan organ tubuh manusia yang didapatnya dari anak jalanan. Satu per satu mereka hilang. Mongki dan sahabatnya, Darius menangis diam-diam mengetahui ulah Dargo. Tapi tak bisa berbuat apa-apa.

Di sisi lain, Thomas (Ari Wibowo) sedang kalut. David (Gesar) anak semata wayangnya menderita gagal ginjal. Kondisinya yang sekarat, dapat tertolong jika ada donor ginjal. Namun tak ada persediaan. Thomas akhirnya menempuh jalan ilegal. Dargo menyanggupi permintaan Thomas dengan imbalan Rp 1,5 miliar.

Tanpa sengaja Mongki bertemu dengan Yanti yang bebas dari penjara. Merasa cocok, mereka bersahabat. Kerinduannya akan Maria seolah terobati dengan kehadiran Mongki. Sebuah kejadian juga mempertemukan Yanti dengan Thomas yang ternyata cinta pertamanya.

'Sepuluh' memotret suramnya kehidupan anak jalanan di Jakarta. Sayang, kesuramannya digambarkan terlalu melankolis. Adegan hujan-hujanan dengan detil yang luput dari perhatian para pembuatnya terasa mengganggu.

Film produksi perdana First Media Production ini mulai tayang tanggal 5 Februari 2009 di seluruh bioskop XXI dan Blitz.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!
Sandra Dewi

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Citra Sandra Dewi langsung hancur setelah suami Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024