Kutil Manusia Akar Belum Ada Obatnya

VIVAnews - Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung menyatakan penyakit kutil yang menyerang tubuh Dede, si manusia akar, hingga kini belum ada obatnya.

Meski sudah dilakukan perawatan dan operasi, Ketua Tim Penanganan Dede, Rahmatdinata mengatakan, perkembangan tanduk kutil di tubuh Dede masih akan terus terjadi karena virus tersebut masih berada di dalam tubuhnya.

"Obat yang ada saat ini hanya berguna untuk menghambat perkembangan tanduk kutil saja. Itu pun kami impor dari Amerika,"  kata dia, Kamis 12 Februari 2008.

Menurut dia, operasi yang dilakukannya pun sebagai upaya untuk menipiskan saja agar obat tersebut dapat meresap ke dalam kulit tubuh Dede.

"Rencananya kami akan mengubah obat Codovofir itu ke dalam bentuk salep. Karen pengobatan yang sekarang dengan cara disuntikkan, berefek samping terhadap ginjal Dede," ujarnya.

Poses pengubahan obat dari cairan ke dalam bentuk salep itu, tambah Rahmat, rencananya akan dilakukan bekerjasama dengan pihak ITB.

Laporan: Sigit Zulmunir | Bandung

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024