Partai Politik Dinilai Mendua Soal Papua

VIVAnews - Belasan lembaga swadaya masyarakat mengkritik perilaku partai-partai politik berkuasa di parlemen. Partai politik dinilai bersikap mendua terhadap kondisi rakyat Papua.

LSM yang menyatakan itu antara lain Imparsial, Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat, Kelompok Kerja Papua, Jaringan Advokasi Tambang, Wahana Lingkungan Hidup, Kontras, INFID, Indonesia Corruption Watch, Human Rights Working Group, Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia, Praxis, dan Demos.

"Terjadi sikap yang mendua terhadap Otonomi Khusus Papua di kalangan aktor politik di pusat," ungkap LSM-LSM itu dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Jumat 13 Februari 2009. "Partai-partai politik saat ini gencar mendukung pemekaran, baik provinsi maupun kabupaten. Pemekaran menjadi isu kampanye."

Pemekaran ini dinilai para LSM pemerhati Papua semakin membuat rakyat Papua terpecah belah oleh sentimen primordialisme. Dalam situasi pemekaran yang terus bergerak seperti itu, tidak akan pernah bisa disusun rencana pembangunan yang komprehensif untuk bisa membangun fasilitas pelayanan publik. Artinya rencana aksi yang affirmatif tidak akan bisa disiapkan oleh Pemerintah Provinsi untuk mengimplementasikan Otonomi Khusus.

Selain problem pembangunan, pemekaran juga dinilai tidak akan memperbaiki pemenuhan hak asasi manusia di Papua. Pada saat yang sama pemekaran dilakukan, peranan militer dan satuan-satuan intelejen di Papua juga semakin massif dengan mendirikan satuan dan teritorial baru, yaitu Komando Distrik Militer dan Komando Resort Militer baru, antara
lain di Merauke dan Pegunungan Tengah.

Untuk itu, belasan LSM yang juga didukung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Komisi Nasional untuk Perlindungan Perempuan itu mendesak partai-partai politik memasukkan agenda HAM dalam programnya. "Dan memperhatikan secara seksama kondisi Papua sekarang ini agar bisa merancang agenda perbaikan ke depan."

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024