Kebakaran Hutan di Australia

Polisi Buru Tersangka Pelaku Pembakaran

VIVAnews - Kepolisian negara bagian Victoria mengejar sejumlah tersangka penyulut api (arsonis) yang bertanggungjawab atas kebakaran hutan di luar kota Melbourne, Australia bagian tenggara.

Kepala Kepolisian Victoria, Christine Nixon, mengatakan polisi khawatir aksi arsonis ini akan terus berulang. Menurut Nixon, arsonis biasanya terus mencari perhatian dan mengidap kelainan perilaku.

"Kami harap masyarakat terus waspada, secara psikologis, aksi mereka bisa mengundang arsonis lainnya," kata Nixon pada televisi ABC seperti dimuat harian Sydney Morning Herald, Kamis (13/2).

Pada Rabu (11/2) malam, polisi dikerahkan ke kota Baxter di Mornington Peninsula, selatan Melbourne. Esok harinya, aparat juga mengusut kebakaran yang menghanguskan lahan seluas tiga hektar di Ivanhoe Timur, dekat Melbourne.

Kepolisian telah mengeluarkan foto seorang pria yang diduga terlibat dengan kebakaran di Ivanhoe yang telah membumihanguskan pemukiman, mengganggu lalu lintas, dan membuat asap tebal di sejumlah pedesaan.  Pria itu memiliki ciri-ciri berkulit gelap, berusia pertengahan 20-an, tinggi badan 180 centimeter. Ia terlihat memakai kaos polo, celana hitam, tas hitam, dan kaca mata hitam berbingkai kuning.

"Kami sudah memiliki tersangka kebakaran Baxter, sementara untuk Ivanhoe, kami sudah mengetahui identitasnya." kata Nixon.

Kepolisian juga masih menyelidiki para arsonis di balik kebakaran Churchill dan Marysville. Setidaknya 21 orang tewas di Churchill dan 15 tewas di Marysville, meski angka kematian di kota ini bisa mencapai 100 jiwa, seperlima populasi Marysville.

"Kami terus menggali informasi dan berupaya menangkap para pelaku secepatnya," ujar Nixon pada Nine Network.

Nixon juga mengatakan polisi menelusuri sejumlah laporan penjarahan. Ia kecewa mengetahui ada tindakan semacam itu di tengah-tengah bencana. Nixon berharap masyarakat membantu polisi dalam masalah penjarahan ini sehingga polisi dapat segera menangkap pelakunya.

"Laporan penjarahan tidak banyak tapi ada, sangat menyedihkan," kata dia.

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024