Musik Sebagai Bahasa Awal Bayi

VIVAnews – Musik adalah bahasa universal. Bahkan bagi janin dalam kandungan, musik adalah bahasa yang bisa dipelajari sejak ia dalam kandungan.

Justin Hubner Dapat Izin ke Indonesia U-23 dari Gamba Osaka

Manfaat musik untuk perkembangan otak bayi dan anak sudah lama menjadi penelitian para ahli. Memperdengarkan jenis musik tertentu misalnya klasik dipercaya bisa membantu meningkatkan kecerdasannya.

Bagi orang tua yang baru memiliki buah hati, musik bisa menjadi bahasa awal sebelum anak belajar bicara.

Israel Bakal Ubah Status Al-Aqsa, Izinkan Umat Yahudi Beribadah dalam Masjid

Penelitian ilmiah juga menemukan bahwa bayi bisa membedakan jenis dan irama musik. Bayi yang baru lahir bisa mendeteksi irama dan hentakan berbagai jenis musik, termasuk rock.

Para ilmuwan melakukan penelitian dengan memperdengarkan musik rock pada bayi dan memonitor aktivitas otaknya. Henkjan Honing, profesor musik di University of Amstersam yang melakukan penelitian itu mengungkapkan, musik rock memiliki ritme yang regular.

Perempuan dan Anak-anak Palestina Menanggung Beban Paling Berat

Tapi pada kondisi tertentu ada peneliti melakukan perubahan ritme dan hal itu bisa dimengerti bayi.

“Kami sangat tertarik untuk mengetahui bahwa bayi yang baru lahir bisa mengerti ritme musik. Saat ada perubahan tempo atau nada, bayi merasa gelisah karena ada sesuatu yang salah,” kata Honing.

Studi lain menunjukkan, bayi bisa mengetahui perbedaan bahasa ibunya dengan bahasa bangsa lain melalui musik.

“Mereka mungkin mempelajari adanya perbedaan rasa dalam ritme dan nada musik,” kata Ann Senghas, asisten profesor psikologi di Barnard College of Columbia University.

“Secara alami mereka menemukan perbedaan bahasa dalam musik.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya