Kasus Pelanggaran Pemilu

Caleg Demokrat Divonis Bebas

VIVAnews - Calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Khusus Ibukota Jakarta dari Partai Demokrat, Nur Afni Jasim Sajim bisa melanjutkan pencalonannya di Pemilu 2009. Sebab, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menyatakan dia tidak bersalah dalam kasus dugaan pelanggaran pemilu.

"Terdakwa secara sah dan meyakinkan tidak melakukan kegiatan kampanye," kata Ketua Majelis Hakim, Joni Palayukan dalam sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Senin 16 Februari 2009.

Dalam pertimbangannya, hakim mengatakan dalam aturan pemilu, subyek kampanye adalah partai politik atau perorangan untuk calon anggota Dewan Perwakilan Daerah. "Calon legislatif tidak termasuk," ungkap Joni.

Selain itu, yang dikampanyekan adalah visi dan misi calon. Dalam persidangan, tambah dia, Nur Afni tak terbukti telah menyampaikan visi dan misi dalam kegiatan di Jalan Dharma Wanita II, Rt 03 Rw 1, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. " Majelis berpendapat itu bukan kampanye tapi sosialisasi," tambah Joni.

Putusan bebas hakim disambut gembira Nur Afni dan sekitar 15 pendukungnya yang memakai jaket Partai Demokrat.

Putusan hakim jelas melenceng dari tuntutan jaksa penuntut umum yang meminta Nur Afni divonis lima bulan penjara subsider satu bulan kurungan, serta denda Rp 5 juta. Jaksa berpendapat perbuatan Nur Afni telah memenuhi Pasal 269 juncto Pasal 82 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemilu.

Calon nomor urut 6 untuk daerah pemilihan Jakarta Barat ini dinilai jaksa telah melanggar jadwal kampanye dengan melakukan kegiatan di Jalan Dharma Wanita II, Rt 03 Rw 1, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Dalam kegiatan tersebut, Panitia Pengawas Kecamatan Cengkareng mendapati Nur Afni menyebarkan atribut partai berupa kartu nama lengkap dengan gambarnya, serta melakukan orasi politik di hadapan sekitar 60 warga.

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Kasus Nur Afni adalah kasus pelanggaran pemilu pertama yang disidangkan di wilayah DKI Jakarta.

Manajer Chelsea, Mauricio Pochettino

Pemain Chelsea Rebutan Penalti, Mauricio Pochettino: Ini Seperti Anak Kecil Memalukan

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino mengkritik sejumlah pemainnya usai rebutan penalti saat menghadapi Everton.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024