Banjir di Bojonegoro

Pembenahan Tanggul Butuh Rp 350 M

VIVAnews - Banjir luapan Bengawan Solo menggenangi 104 desa di 15 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Sekitar 1.400 rumah terendam dalam musibah tersebut. Menurut Bupati Bojonegoro, Suyoto, pemerintah daerah mengharapkan bantuan pemerintah untuk memperbaiki tanggul Bengawan Solo yang jebol.

 "Tahun kemarin tanggul jebol lalu ditangani hanya dengan dana darurat dari APBD kabupaten. Nah ini betul-betul memerlukan penanganan, maka kini kita bersama BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)," kata Suyoto kepada VIVAnews di balai Desa Kanor, lokasi penyerahan bantuan, Senin 16 Februari 2009.

Menurut dia, Gubernur Jawa Timur juga telah sepakat pembangunan tanggul Bengawan Solo jadi prioritas tahun ini. "Goodwill-nya sudah ada, tinggal pelaksanaannya," kata dia.

Pembangunan tanggul ternyata membutuhkan dana tak sedikit. Menurut petugas Dinas Pekerjaan Umum, Andi Tjandra, dibutuhkan dana sebesar Rp 350 miliar rupiah.

Andi Tjandra juga menegaskan bahwa pembenahan tanggul Bengawan Solo merupakan tanggung jawab pemerintah pusat karena sungai ini lintas provinsi. "Kalau tidak ditangani maka akan menjadi problem laten, setiap tahun pasti akan terjadi banjir", kata Andi.

Andi menambahkan kemungkinan pusat bisa berbagi dengan pemerintah daerah dalam kaitan pembebasan tanah. Jadi pemerintah daerah menyediakan lahan dan  pemerintah pusat membangun fisik tanggul.

"Untuk tanggul Bengawan Solo yang ada di Kabupaten Bojonegoro ini boleh dikatakan tidak ada yang kuat," kata Andi.

Inspirasi Membantu Sesama

Mayoritas di kabupaten Bojonegoro ini hanya merupakan tanggul desa yang hanya dibuat dari timbunan-timbunan tanah, bukan dengan konstruksi permanen. "Ini yang harus diwaspadai, kurang lebih sepanjang 110 kilometer Bengawan Solo yang melintasi Bojonegoro rawan karena tanggulnya hanya urukan tanah," kata Andi.

Timnas Indonesia U-23

Prediksi Piala Asia U-23: Yordania vs Timnas Indonesia

Duel Yordania vs Timnas Indonesia dalam lanjutan Piala Asia U-23 Grup A matchday ketiga di Stadion Abdullah Bin Nasser, Minggu 21 April 2024, pukul 22.30 WIB.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024