Tahun 2009

Jamsostek Cairkan Jaminan Hari Tua Rp 959 M

VIVAnews - PT Jamsostek (Persero) mengungkapkan pencairan klaim dana jaminan hari tua  hingga Selasa 24 Februari 2009 telah mencapai Rp 959,855 miliar atau 23,5 persen dari target tahun ini yang sebesar Rp 4,082 triliun.

"Kemungkinan hingga akhir tahun ini, nasabah yang mencairkan JHT sekitar dua  juta orang," kata Direktur Utama Jamsostek Hotbonar Sinaga usai BUMN Executive Breakfast Meeting di Wisma Antara, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu, 25 Februari 2009.

Menurut Hotbonar, pihaknya sudah memperkirakan akan adanya lonjakan pencairan dana JHT. Sebab fenomena tersebut senantiasa terjadi setiap tahun. "Biasanya memang meningkat tajam, (tahun) ini sekitar dua kali lipat dari 2008 yang mencapai sekitar 700-800 ribu orang," ujarnya.

Hotbonar juga menambahkan, saat ini terdapat kelemahan peraturan dan moral hazard terkait pencairan dana klaim dari nasabah yang terkena pemutusan hubungan kerja.Kelemahan tersebut dianggap cukup mempengaruhi arus kas perusahaan.

Moral hazard tersebut, dia melanjutkan, berupa aksi sebagian peserta asuransi Jamsostek yang sudah menjadi anggota selama lima tahun secara sengaja meminta surat pemberhentian dari tempat kerjanya. Padahal, peserta tersebut ma ih aktif bekerja di perusahaan tersebut.

"Karena butuh uang dan di kantor tidak ada kenaikan upah, peserta itu kemudian minta surat keterangan ke bagian personalia, hanya  untuk mencairkan JHT," kata dia.

Kata Pelatih Australia Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia
Legenda Sepak Bola Brasil Romario

Legenda Sepakbola Brasil Romario Umumkan Comeback di Usia 58 Tahun

Pada usia 58 tahun, legenda sepak bola Brasil Romario telah mencatat riwayat hidup yang mengesankan. Kabarnya, ia comeback bergabung dengan Amerika sebagai pemain.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024