Lagu "Stayin Alive" Baik Untuk Latihan CPR

VIVAnews- Lagu “Stayin' Alive” yang dilantunkan trio penyanyi Bee Gees, ternyata punya makna yang benar-benar sesuai dengan judulnya. “Stayin' Alive” atau 'Bertahan Hidup' adalah lagu berjenis disko yang mengalun dengan 103 kali ketukan per menit. Ketukan sebanyak itu mendekati ritme sempurna untuk memaksa jantung kembali berdenyut dalam tindakan penekanan dada untuk menghidupkan kembali kerja jantung (CPR).

Sebuah kelompok studi di Sekolah Tinggi Ilmu Kedokteran Illionis, Amerika Serikat, menemukan bahwa jumlah tekanan pada dada ketika melakukan CPR bisa mendekati jumlah ideal apabila dibarengi dengan mendengarkan lagu “Stayin' Alive”.

Menurut Dr. David Matlock, penggagas studi, Asosiasi Jantung Amerika merekomendasikan 100 kali tekanan pada dada per menit dalam tindakan CPR. Matlock mengatakan, Kamis malam 16 Oktober 2008 atau Jumat pagi WIB,  bahwa CPR sangat efektif untuk menyelamatkan seseorang yang terkena serangan jantung apabila diterapkan dengan tepat.

Namun, banyak orang ragu untuk melakukannya karena mereka tidak yakin dapat mempertahankan ritmenya. Lagu “Stayin' Alive' bisa membantu memecahkan masalah itu. Bahkan hanya dengan memikirkan tentang lagu itu, tindakan CPR jadi lebih berkualitas.

Kelompok studi yang melibatkan 15 mahasiswa dan dokter tersebut melakukan dua tahap percobaan. Dalam percobaan pertama, mereka melakukan CPR pada sebuah boneka manekin dengan mendengarkan “Stayin' Alive” melalui iPod. Jumlah tekanan yang dapat dilakukan adalah 109 kali per menit.

Resep Marble Cake Anti Gagal Ala Chef Devina Hermawan, Cocok Buat Sajian Lebaran

Lima minggu kemudian, mereka melakukan tindakan yang sama tetapi tidak dengan mendengarkan musik secara langsung. Mereka hanya diminta memikirkan tentang lagu tersebut. Jumlah tekanan yang dihasilkan adalah 113 per menit.

Kedua percobaan tersebut menghasilkan jumlah tekanan pada dada lebih banyak daripada yang direkomendasikan. Namun, Matlock mengatakan bahwa dalam kenyataannya ketika kita sedang berusaha untuk membangkitkan denyut jantung yang berhenti, lebih banyak tekanan pada dada akan lebih baik.

Kisah Pilu Kakak Adik Korban Kecelakaan Tol Cikampek hingga Gran Max Maut Sudah 4 Kali Pindah Tangan

“Lagu itu menjadi motivasi untuk meningkatkan jumlah tekanan, suatu hal yang paling penting,” kata Matlock.

Studi menunjukkan bahwa “Stayin' Alive” yang menjadi lagu tema film “Saturday Night Fever” tahun 1977 sangat membantu bagi mereka yang sudah terlatih melakukan tindakan CPR.

Terpopuler: Kakak Beradik Korban Kecelakaan Tol Cikampek, Penyamaran Polisi Tangkap Pengedar Ganja

Namun demikian, hasil percobaan yang dilakukan membuka jalan untuk melakukan studi lebih lanjut. Percobaan selanjutnya bisa melibatkan orang yang belum terlatih atau dengan menggunakan pasien sebenarnya.(AP)

Gunung Karangetang keluarkan awan panas

Gunung Karangetang Mengalami 10 Kali Gempa Embusan, Menurut PVMBG

PVMBG Kementerian ESDM mencatat 10 kali gempa embusan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, selama periode 16-31 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024