Presiden Desak Bank Turunkan Bunga Pinjaman

VIVAnews - Pekan lalu Bank Indonesia telah menurunkan tingkat suku bunga acuan (BI Rate) menjadi 7,75 persen, namun hingga saat ini belum terlihat perbankan menurunkan suku bunga pinjaman. Oleh karenanya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta perbankan segera menurunkan suku bunga pinjaman.

"Saya minta agar setelah BI rate turun, perbankan harus ikuti. Saya tahu perbankan perlu kehati-hatian tidak hanya inward tapi outward," kata Presiden saat membuka Sidang Dewan Pleno I Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa, 10 Maret 2009.

Presiden rencananya besok akan menggelar sidang kabinet terbatas yang salah satu poin pembahasan yakni penurunan suku bunga pinjaman perbankan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia MS Hidayat mengatakan jika suku bunga pinjaman tidak turun maka tidak akan ada pergerakan cash flow dan akibatnya sektor riil tidak akan tumbuh.

"Jika demikian rasio pertumbuhan ekonomi 4,5 persen tidak akan tercapai," ujarnya.

Kadin meminta suku bunga pinjaman perbankan bisa diturunkan hingga 12 persen. "Harus secepatnya di bulan ini harus diturunkan," ujarnya. Menurutnya, BI rate 7,75 persen merupakan angka aman dan promising untuk situasi krisis sekarang.

Hidayat menjelaskan, secara umum, masalah di sektor riil utamanya ada pada likuiditas perbankan. "Masalah perbankan yang harus diselesaikan, likuiditas hanya ada di perbankan besar," ujarnya. Selain itu, nilai tukar rupiah diharapkan stabil di angka Rp 11 ribu.

"Kadin sebenarnya sudah menghimpun pengusaha nasional untuk mau investasi di dalam negeri, tapi masalahnya masih ada problem cash flow di perusahaan yang tidak bisa terbantu karena ketatnya perbankan," ujarnya.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe
Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Erna Yuli Lestari, ibunda dari Ernando Ari merasa lega usai Indonesia U-23 memenangkan pertandingan perempat final Piala Asia U-23 2024 melawan Korea Selatan U-23.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024