SBY Tidak Terkait Kasus Orang Hilang

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono prihatin dengan munculnya pernyataan tidak sehat yang mengaitkan dirinya dengan kasus orang hilang pada 1997-1998. Selama karir militernya, SBY membantah terkait kasus tersebut.

"Pernyataan yang dimunculkan oleh media massa itu sarat fitnah, pembunuhan karakter, dan politik gelap mata," kata Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi di Kantor Presiden Jakarta, Senin 20 Oktober 2008.

Menurut Sudi, ketidakterlibatan SBY ditunjukkan dengan ketegasan Presiden untuk menegakkan hukum dan keadilan. Hal itu disampaikannya ketika menerima keluarga korban orang hilang yang didampingi pengurus Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) pada 26 Maret 2008.

"Saat itu, Presiden didampingi menkopolhukam, menhan, sesneg, dan seskab juga meminta menteri dan pejabat terkait menjelaskan penanganan kasus tersebut," ujar dia. Presiden juga memerintahkan kapolri dan jaksa agung untuk melaporkan proses penegakan hukum yang telah dilakukan.
 
Sudi menambahkan, dalam pertemuannya dengan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso dan Jaksa Agung Hendarman Supanji di Kantor Presiden tersebut, SBY mengajak semua pihak menghindari politik gelap mata. "Presiden mengharapkan semua pihak membangun politik yang beretika dan dewasa dalam berdemokrasi," tegas dia.

Namun demikian, Presiden tidak akan melakukan tindakan hukum atau menuntut balik pihak-pihak yang mengaitkan dirinya dengan kasus orang hilang tersebut. "Dengan penjelasan ini, publik bisa tahu duduk permasalahannya," lanjut dia.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menghidupkan kembali Panitia Khusus (Pansus) Penculikan dan Penghilangan Aktifis 1997/1998. Terlebih lagi Pansus DPR tersebut juga berencana memanggil Prabowo Subianto, Wiranto, Susilo Bambang Yudhoyono dan Sutiyoso yang waktu itu menduduki posisi penting di TNI.

Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024